HOME » BERITA » KENAL LEBIH DEKAT DENGAN TUNGGANGAN JOKOWI DI PEMBUKAAN ASIAN GAMES 2018

Kenal Lebih Dekat dengan Tunggangan Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Naked-sport ini sebenarnya bukanlah produk baru, tapi sudah beredar sejak 2008 silam, bersamaan dengan saudaranya, Yamaha FZ1 Fazer (dengan half-fairing).

Minggu, 19 Agustus 2018 12:50 Editor : Cornelius Candra
Foto: Vidio.com

OTOSIA.COM - Kemarin (18/8), Presiden Joko Widodo mebuat kejutan dengan masuk ke Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta untuk membuka perhelatan Asian Games 2018 dengan menggunakan sepeda motor. Menariknya, tunggangan Jokowi ini adalah sebuah moge berwarna hitam legam.

Setelah dillihat lebih lanjut, motor ini adalah Yamaha FZ1. Naked-sport ini sebenarnya bukanlah produk baru, tapi sudah beredar sejak 2008 silam, bersamaan dengan saudaranya, Yamaha FZ1 Fazer (dengan half-fairing).

Secara tampilan, Yamaha FZ1 memang terlihat gambot dan berotot. Kesan tersebut makin kuat dengan penggunaan suspensi depan upside-down 43mm. Komponen ini ternyata juga terpasang di motor-sport fairing terbaik mereka, Yamaha YZF-R1.

Meski sudah dirilis sepuluh tahun silam, teknologi yang diusung pun terbilang mumpuni pada masanya. Terlihat dari penggunaan panelmeter full-digital, CF aluminium die cast swing-arm, dan sasis ringan berbahan aluminium.

Fitur menarik lainnya ialah sistem pengabutan injeksi berteknologi Sub-throttle valce. Dengan demikian, akselerasi naked-bike ini semakin baik namun, tetap ramah lingkungan.

Knalpot Yamaha FZ1 berdesain hexagonal ini pun dibuat dengan ruang yang lebih sedikit sehingga bobotnya pun berkurang. Selain itu, terdapat catalytic converter pada leher knalpot sehingga mengurangi gas buang.

Yamaha FZ1 dibekali mesin 4-silinder inline 998cc DOHC berpendingin cairan. Dapur pacu dengan sistem transmisi manual 6-percepatan ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 PS dan torsi maksimum mencapai 80 Nm.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR