HOME » BERITA » KENALAN DENGAN MOBIL CANGGIH TOYOTA, VERSI MODIFIKASI PALING TINGGI LEXUS L8500

Kenalan dengan Mobil Canggih Toyota, Versi Modifikasi Paling Tinggi Lexus L8500

Kendaraan nirsopir sebenarnya sudah muncul sejak 20 tahun yang lalu, di film science-fiction dan Hollywood. Kini teknologi self-driving itu sudah mulai diadopsi untuk produksi mobil nyata.

Senin, 07 Januari 2019 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Toyota P4 (Autoindustriya)

OTOSIA.COM - Kendaraan nirsopir sebenarnya sudah muncul sejak 20 tahun yang lalu, di film science-fiction dan Hollywood. Kini teknologi self-driving itu sudah mulai diadopsi untuk produksi mobil nyata.

Termasuk model milik Toyota, P4. Mengutip Autoindustriya, P4 ini sendiri adalah versi modifikasi paling tinggi dari Lexus L850, yang dibekali teknologi self-driving. Dibangun dan dikembangkan oleh Toyota Research Institute (TRI), sedan berteknologi tingkat tinggi ini juga dibekali fitur 'Guardian' dan 'Chauffeur'.

Kedua sistem tersebut akan membantu pengemudi saat mobil dalam mode otonom sepenuhnya.

Toyota P4 (Autoindustriya)

"Pengembangan Chauffeur (sopir) kami lebih terfokuskan untuk mode otonom penuh, yang mana pengemudi tak lagi menjadi sopir, bahkan dalam domain terbatas. Sedangkan Guardian, dirancang untuk memperkuat kinerja manusia di balik kemudi, bukan menggantikannya. Pengenalan platform P4 baru akan membantu kami mempercepat pengembangan kedua trek saat bergabung dengan lineup kami pada musim depan," jelas Senior Vice President of Automaed Driving TRI, Ryan Eustice.

Tak seperti Lexus LS biasa, P4 mendapatkan dukungan dari dua kamera tambahan yang berfungsi sebagai sepasang mata ekstra bagi mobil. Ini juga mendapat sensor pencitraan depan dan belakang, serta sistem radar yang dioptimalkan dan terus-menerus memonitor lingkungan sekitar mobil untuk mendeteksi objek, serta pejalan kaki.

Toyota P4 (Autoindustriya)

Tapi fitur yang paling penting untuk P4 mungkin adalah komputernya yang ditingkatkan yang berada di bagasi. Dibandingkan dengan generasi pendahulunya, P3, Lexus mengklaim bahwa P4 memiliki kekuatan komputasi yang lebih besar.

Kekuatan tersebut bisa menangani lebih banyak perhitungan, serta mengelola tugas self-driving lebih besar. Dengan begitu sistem bisa bereaksi lebih cepat terhadap bahaya atau skenario lainnya.

Selain membuat 'otaknya' lebih kuat, TRI juga membuat komputer lebih kompak dalam hal ini. Maka akan lebih memungkinkan ruang yang lebih banyak untuk bagasi belakang, tanpa memodifikasi komputer itu sendiri.

Toyota berencana akan menambahkan P4 untuk pasar fleet, tapi tidak sebelum menjalani debut resminya tahun ini saat CES 2019, di Las Vegas, Nevada. Versi prototipe P4 akan mulai diproduksi pada kuartal kedua.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR