HOME » BERITA » KENALAN DENGAN MOTOR CAFE RACER BARU DARI THAILAND, HARGA CUMA RP30 JUTAAN

Kenalan dengan Motor Cafe Racer Baru dari Thailand, Harga Cuma Rp30 Jutaan

Pabrikan asal Thailand, GPX, baru saja meluncurkan motor cafe racer seharga Rp30 jutaan bernama GPX Gentleman Racer 200.

Jum'at, 30 November 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
GPX Gentleman Racer 200 (Motosaigon.vn)

OTOSIA.COM - Selain merilis motor pesaing Honda CB300R, GPX MAD 300, GPX Thailand juga merilis GPX Gentleman Racer 200. Mengutip dari Motosaigon.vn, motor bergaya cafe racer modern ini diluncurkan dalam gelaran Thailand Motor Expo 2018.

GPX Gentleman Racer 200 menggunakan GPX Legend Gentleman 200 sebagai basisnya yang baru dirilis pada September lalu. Hanya saja, karena terlahir sebagai cafe racer, motor ini dilengkapi dengan half-fairing dengan windshield minimalis.

Berbeda dengan basisnya, GPX Gentleman Racer 200 menggunakan setang clip-on under-yoke dan dilengkapi dengan spion bar-end. Selain itu, speedometer motor cafe racer ini terletak tepat di tengah. Komponen sisanya masih sama dengan GPX Legend Gentleman Racer 200.

Di sektor depan, GPX Gentleman Racer 200 mengandalkan suspensi upside-down namun, tabu ng atasnya kini berwarna hitam anodized. Sementara itu, bagian belakangnya dibekali monoshock adjustable keluaran YSS.

Untuk memperkuat aura motor jadul (zaman dulu), GPX Gentleman Racer 200 dibekali velg jari-jari yang juga berwarna hitam. Menariknya, kaki depannya sudah dikawal dua disc-brake layaknya motor gede (moge) dan menggunakan ban keluaran Pirelli.

Bagian belakangnya justru terlihat sporty dengan cover jok layaknya motor cafe racer yang menyerupai buntut tawon dan dapat dilepas. Spakbor belakangnya pun mendukung konsep tersebut karena dibuat minimalis.

Menariknya lagi, tangki bahan bakar GPX Legend Gentleman 200 memiliki detail-detail unik, seperti cekungan di beberapa bagian. Komponen tersebut mampu memuat bahan bakar sebanyak 12 liter.

Untuk urusan performa, GPX Gentleman Racer 200 dibekali mesin 1-silinder SOHC berkapasitas 197cc oil-cooled. Sayangnya, mesin berkompresi 9,2:1 tersebut masih disokong dengan karburator.

Jika GPX Legend Gentleman dibanderol THB69.800 atau Rp30 jutaan, maka harga GPX Gentleman Racer 200 sedikit lebih mahal, mencapai THB72.500 yang setara dengan Rp31,6 jutaan (Kurs THB1 = Rp436). Selisih harga tersebut tentu disebabkan oleh fairing tambahan dan beberapa komponen baru.

Sayangnya, sampai saat ini produk yang sudah terlahir sebagai cafe racer half-fairing di Indonesia hanya Kawasaki Z900RS Cafe seharga Rp288 juta (OTR Jadetabekser) dan BMW R nineT Racer yang dibanderol Rp595 juta (OFR Jakarta). Karena itu, para pecinta cafe racer harus melakukan modifikasi untuk mendapatkan motor dengan tampilan yang diinginkan.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR