HOME » BERITA » KENALAN DENGAN PONY, MOBIL PERTAMA HYUNDAI 45 TAHUN LALU

Kenalan dengan Pony, Mobil Pertama Hyundai 45 Tahun Lalu

Hyundai pernah menjadi pabrik perakitan untuk tiga model mobil Ford. Hingga akhirnya mereka berhasil mengembangkan dan memproduksi mobil mereka sendiri yang dinamai Pony, 45 tahun yang lalu.

Sabtu, 26 September 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Kenalan dengan Pony, Mobil Pertama Hyundai 45 Tahun Lalu
Hyundai Pony (Hyundai via Autoindustriya)

OTOSIA.COM - Hyundai kini menjadi salah satu pabrikan mobil yang bisa menantang raksasa otomotif Jepang dan Jerman. Dari hatchback hingga crossover mewah melengkapi lineup produk Hyundai saat ini.

Ditambah dengan mobil-mobil hybrid dan listrik mereka, menempatkan Hyundai pada level yang berbeda. Hyundai bisa mengirimkan hingga jutaan unit kendaraan setiap tahunnya.

Pada 2019, Hyundai menjual lebih dari 4,4 juta kendaraan. Jumlah itu belum termasuk KIA yang mereka punya pada 1998. Meski begitu, Hyundai bukan apa-apa sebelum tahun 1975.

1 dari 3 Halaman

Kenalan dengan Pony, Mobil Pertama Hyundai 45 Tahun Lalu

Seperti dilansir dari Autoindustriya, sebelum tahun 1975, Hyundai hanyalah perakit kendaraan Ford di Korea Selatan. Mereka memroduksi mobil seperti Cortina, Taunus dan Granada.

Titik balik itu muncul pada tahun 1975, yang mana saat itu mereka berhasil meluncurkan mobil buatan mereka sendiri. Namanya Pony.

Pony juga menjadi mobil perdana buatan lokal Korea Selatan. Mobil yg dirilis 45 tahun yang lalu itu dikembangkan oleh mantan engineer Morris dan menggunakan mesin dari Mitsubishhi.

2 dari 3 Halaman

Kenalan dengan Pony, Mobil Pertama Hyundai 45 Tahun Lalu

Pony menggunakan suku cadang dari Ford Cortino. Sedangkan desainnya dikerjakan oleh Giorgetto Giugiaro.

Apakah familiar dengan nama itu? Ya, dia adalah orang yang sama yang medesain mobil ikonik lainnya, yakni DMC Delorean.

Meski begitu, jangan berekspekti besar akan Pony. Hyundai Pony bukanlah playmaker kala itu. Pony tidak memiliki pasar yang besar.

Harga Pony terlalu mahal bagi pasar dalam negeri. Di sisi lain, Hyundai juga kesulitan untuk mengekspor Pony ke Eropa dan Kanada.

3 dari 3 Halaman

Kenalan dengan Pony, Mobil Pertama Hyundai 45 Tahun Lalu

Pony baru menunjukkan 'taringnya' beberapa tahun kemudian. Hingga kemudian Pony menjadi satu-satunya mobil penumpang Hyundai selama 7 tahun, sampai Stellar muncul pada tahun 1982.

Meski Pony bukanlah produk yang berhasil menggebrak pasar Korsel kala itu, tapi Pony adalah pembuktian Hyundai mampu membuat dan mengembangkan mobil mereka sendiri. Sudah bsia dipastikan itu tidak mudah bagi mereka di tahun-tahun awal, sama seperti produsen mobil mana pun.

Nah, jika Otolovers pernah melihat desain mobil listrik Konsep 45 dari Hyundai, ada nilai penghormatan bagi Pony pada mobil listrik tersebut.

BERI KOMENTAR