HOME » BERITA » KENALAN DENGAN SI GAHAR DONGFENG WARRIOR M50, SANG HUMVEE DARI CHINA

Kenalan dengan Si Gahar Dongfeng Warrior M50, Sang Humvee dari China

Versi sipil Dongfeng Warrior M50 mulai diproduksi. Dongfeng bekerja sama dengan AM General untuk menyuplai suku cadang Humvee versi Dongfeng.

Minggu, 18 Juli 2021 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Kenalan dengan Si Gahar Dongfeng Warrior M50, Sang Humvee dari China

OTOSIA.COM - Pengembangan truk militer Humvee atau High Mobility Multipurpoe Wheeled Vehicle pertama kali dilakukan oleh AM General. Truk Humvee itu pertama kali dikenalkan pada tahun 1984.

Model ini juga memiliki versi sipil yang diproduksi atantar 1992 dan 2006 dengna total produksi 11.818 unit. Selang belasan tahun, kini mobil yang terinspirasi dari Humvee mulai doproduksi.

Mobil tersebut adalah Dongfeng Warrior M50, versi produksi dari truk militer Dongfeng Mengshi EQ2050. Dilansir Carscoops, semua berawal dari tahun 90-an, di mana Dongfeng melakukanreverse-engineered terhadap Humvee untuk kendaraan militer Cina. Dongfeng bekerja sama dengan AM General untuk menyuplai suku cadang Humvee versi Dongfeng.

1 dari 2 Halaman

(c) Carscoops

Setelah itu, pada tahun 2021 Dongfeng mengumumkan model baru Warrior M50. Humvee Cina ini mengadopsi body-on-frame dengan ban all-terrain berukuran besar serta desain menyerupai Humvee.

Bagian grille didesain ulang dengan logo Dongfeng, serta bagian lampu dibuat membulat. Warrior M50 tersedia dalam pilihan sasis saja atau pikap untuk saat ini.

Memasuki bagian kabin, terlihat dashboard berukuran lebar seperti yang umum ditemukan dalam sebuah Humvee. Namun, versi Warrior M50 dilengkapi layar infotainment layar sentuh berukuran 8 inci. Trim berwarna perak pada instrumen cluster, ventilasi AC bulat, dan lingkar kemudi empat palang membuatnya terlihat modern.

2 dari 2 Halaman

(c) Carscoops

Meskipun dilengkapi interior modern, rasa berkendara SUV ini jauh dari kata nyaman dan dinamis. Hal ini bisa terjadi karena bobot yang ektra berat dan karakter platform body-on-frame. 

Mobil ini mengadopsi mesin turbodiesel Cummings 4.0-liter yang menghasilkan tenaga 200 Tk dengan torsi puncak 600 Nm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6-percepatan serta beragam fitur yang akan mendukung menaklukkan berbagai medan. Dongfeng Warrior M50 bisa dipesan dengan harga US$103.529 atau nyaris Rp 1,5 miliar.

BERI KOMENTAR