HOME » BERITA » KENALI 3 MODE BERKENDARA NISSAN KICKS E-POWER DAN KARAKTERNYA

Kenali 3 Mode Berkendara Nissan Kicks e-Power dan Karakternya

Ada 3 mode berkendara pada Nissan Kicks e-Power dengan karakter yang berbeda.

Rabu, 07 Oktober 2020 19:45 Editor : Cornelius Candra
Kenali 3 Mode Berkendara Nissan Kicks e-Power dan Karakternya
Tombol drive mode Nissan Kicks e-Power (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Nissan Kicks e-Power sebenarnya merupakan mobil yang cukup menarik untuk dibahas. Pasalnya, SUV ini digerakkan oleh motor listrik, tapi tidak memerlukan charging eksternal, melainkan baterainya disokong mesin bensin 1.200 cc 3-silinder.

Dari hasil pengujian redaksi Otosia, Nissan Kicks e-Power memiliki efisiensi bahan bakar hingga 20,8 km/liter. Angka ini merupakan hasil perpaduan ketika melintas di kemacetan dan tol yang cenderung lancar, serta dengan cara mengemudi ala kadarnya, tanpa memerhatikan metode eco-driving.

1 dari 3 Halaman

Selain kehematannya, Nissan Kicks e-Power juga menawarkan performa yang mumpuni, baik di jalanan lurus panjang maupun tanjakan curam. Di atas kertas, motor listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 129 PS dan torsi 260 Nm.

Menariknya, sepasang roda depan Nissan Kicks e-Power hanya digerakkan oleh motor listrik. Hal ini membuat akselerasinya terasa mantap berkat torsi maksimum yang terasa dari awal. Tak hanya itu, hadir juga 3 mode berkendara, yakni D (Normal), D Eco, D S (Smart).

2 dari 3 Halaman

Ketiga mode berkendara ini memiliki sistem regenerative braking, tapi menawarkan karakter yang berbeda. Seperti namanya, D Eco merupakan pilihan untuk berkendara secara hemat bahan bakar. Akselerasinya terasa lembut dan one-pedal operation akan berfungsi secara otomatis.

Ketika masuk ke mode S, one-pedal operation tetap berfungsi, tapi akselerasinya semakin mantap. Ketika kaki diangkat dari pedal gas, pengeremannya terasa lebih cepat dan konstan. Karena itu, perlu ada penyesuaian agar tidak mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

3 dari 3 Halaman

Terakhir ialah mode Normal. Pada pilihan ini, one-pedal operation mati secara otomatis, sehingga tetap perlu menginjak pedal rem. Akselerasinya terasa konstan dan cenderung menyenangkan, bahkan bisa digunakan untuk melibas tanjakan yang cukup curam.

Sebenarnya masih ada 1 mode lagi, yakni EV Mode. Artinya, Nissan Kicks e-Power hanya melaju menggunakan baterai. Tapi, ketika sudah menyetuh 20%, mesin konvensional 1.200 cc akan menyala dan otomatis melakukan charging.

BERI KOMENTAR