HOME » BERITA » KENALI CARA PENULARAN CORONA COVID-19 SECARA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

Kenali Cara Penularan Corona Covid-19 Secara Langsung dan Tidak Langsung

Ada dua cara penularan virus Corona Covid-19. Pertama secara langsung dan kedua tidak langsung

Kamis, 02 April 2020 11:30 Editor : Ahmad Muzaki
Kenali Cara Penularan Corona Covid-19 Secara Langsung dan Tidak Langsung
ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Corona Covid-19 makin menyebar di seluruh Indonesia. Erlina Burhan, dokter spesialis para Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menyampaikan, ada dua cara penularan virus ini. Pertama secara langsung dan kedua tidak langsung.

Penularan secara langsung adalah, bila seorang terinfeksi Covid-19 mengeluarkan cairan saat batuk atau bersin dan terkena seseorang yang cipratan itu tak kurang satu meter. Sedangkan tidak langsung, saat seseorang menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus ini.

"Kalau sangat sangat penting harus keluar (rumah) dan interaksi dengan orang, jaga jarak satu meter dan kalau berada di kerumunan lebih baik memakai masker," katanya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin (30/3).

1 dari 2 Halaman

Guna antisipasi hal-hal tersebut, dirinya menyampaikan cara paling efektif adalah tidak menyentuh wajah, seperti mulut, hidung, dan mata. Di samping itu, masyarakat diminta untuk rajin dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Kita sering tidak sadar menyentuh benda-benda ini. Makanya harus cuci tangan dan jangan menyentuh wajah, mata, hidung, mulut tanpa mencuci mencuci tangan," katanya.

2 dari 2 Halaman

Oleh sebab itu, lanjut Erlina, masyarakat untuk menjalankan saran ini guna mencegah penularan secara langsung dan tak langsung.

"Saya ingin menyampaikan bahwa untuk memutus rantai penularannya garda terdepannya adalah masyarakat, bukan petugas kesehatan. Jadi masyarakat yang berperan," pungkasnya.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR