HOME » BERITA » KENALI GEJALA SHOCKBREAKER MOTOR YANG RUSAK

Kenali Gejala Shockbreaker Motor yang Rusak

Shockbreaker memiliki peranan penting pada sepeda motor. Komponen ini bertugas untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, terlebih ketika melibas jalanan yang tidak rata atau pun berlubang.

Jum'at, 25 Mei 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Bikedekho.com

OTOSIA.COM - Shockbreaker memiliki peranan penting pada sepeda motor. Komponen ini bertugas untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, terlebih ketika melibas jalanan yang tidak rata atau pun berlubang.

Pasalnya, shockbreaker atau suspensi berfungsi meredam gaya kejut yang terjadi. Dengan demikian, laju motor akan tetap stabil dan ban tetap memiliki daya cengkeram ke jalan.

Namun, karena tugas yang berat, suspensi menjadi aus dan rusak. Dilansir dari akun instagram @hondajogjakarta, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa peredam kejut tersebut mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki atau bahkan diganti.

Pertama ialah oli shockbreaker bocor sehingga mengotori komponen tersebut menjadi kotor. Jika tak segera diperbaiki, laju motor akan menjadi tak stabil dan kotoran akan menempel pada cairan pelumas tersebut.

Ban belakang yang bergoyang secara tidak normal ketika menghantam lubang juga menjadi tanda-tanda shockbreaker mengalami kerusakan. Selain itu, muncul suara menghentak dari suspensi.

Keempat, suspensi tidak akan memantul secara normal, bisa semakin banyak atau pun sedikit. Jika berbagai gejala tersebut terjadi, segera bawa ke motor ke bengkel resmi atau mekanik yang sudah dipercaya untuk mengatasi masalah tersebut.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR