HOME » BERITA » KENALI JENIS DAN SPESIFIKASI BAN MOBIL AGAR TIDAK SALAH PILIH

Kenali Jenis dan Spesifikasi Ban Mobil Agar Tidak Salah Pilih

Memilih ban ban mobil harus memahami jenis dan spesifikasi yang sesuai dengan kendaraan karena terkait erat dengan faktor keselamatan di jalan.

Selasa, 01 Desember 2020 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Kenali Jenis dan Spesifikasi Ban Mobil Agar Tidak Salah Pilih
Ilustrasi ban mobil (greencarguide.co.uk)

OTOSIA.COM - Ban adalah komponen penting dalam sebuah kendaraan dan berperan vital bagi keselamatan di jalan raya, lantaran bersentuhan langsung dengan permukaan aspal.

Ban juga berfungsi sebagai penahan beban kendaraan, peredam guncangan, penerus fungsi kemudi dan tenaga dari mesin secara keseluruhan untuk menunjang mobilitas kendaraan.

"Bisa dikatakan ban adalah nyawa dari otomotif, yang menjadikannya komponen terpenting karena dari ratusan komponen pada suatu kendaraan, ban satu- satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Karena itu keamanan berkendara sangat bergantung pada pilihan ban yang tepat dan berkualitas," kata Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi.

1 dari 2 Halaman

Dalam hal memilih ban, ia mengatakan setiap kendaraan memiliki kebutuhan ban yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Secara umum terdapat tiga jenis ban, yaitu Highway Terrain (HT) yang digunakan untuk kebutuhan berkendara di jalan raya atau jalan beraspal dengan karakter kembangan yang halus.

Kedua All Terrain (AT), yaitu ban yang dirancang untuk digunakan di permukaan jalan beraspal (on road) maupun jalan tanah/kasar (off road) dengan ciri khas kembangan lebih kasar dan agresif.

Ketiga Mud Terrain, adalah ban-ban untuk penggunaan kendaraan di jalanan kasar atau off road. Tapak ban jenis ini memiliki karakter khas karena berbentuk blok atau popular dengan istilah kembang tahu. Jika ban jenis ini digunakan di jalanan beraspal, akan menimbulkan bunyi dengung yang sangat kuat.

2 dari 2 Halaman

Lalu seperti apa sih ban yang baik? "Ban yang tidak berubah performanya ketika masih baru sampai mendekati habis masa pakai. Sehingga meski kondisi hujan, laju pengereman tidak berkurang,? ujarnya.

Rozi menyarankan untuk tidak mengubah spesifikasi atau tipe ban yang telah diberikan oleh pabrikan mobil. Banyak pengendara sengaja mengubah atau memodifikasi ban dengan memperkecil atau menipiskan tanpa menyadari risiko keselamatan yang ditimbulkan.

?Jangan pernah mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil karena menyalahi aturan pabrikan terkait load index dan speed index dan dapat membahayakan keselamatan berkendara,? imbuh Rozi

Jika pun ingin mengubah spesifikasi ban, Rozi menyarankan mengganti dengan ukuran atau load index yang lebih tinggi. Namun dengan resiko traksi menjadi lebih berat sehingga membutuhkan upaya lebih besar ketika harus berbelok atau menggerakkan ban.

BERI KOMENTAR