HOME » BERITA » KENALI PENYEBAB SELIP KOPLING MOTOR DAN SOLUSINYA

Kenali Penyebab Selip Kopling Motor dan Solusinya

Meski digempur berbagai model skuter matik, sepeda motor transmisi manual, baik bebek maupun kopling masih diminati.

Sabtu, 19 Mei 2018 13:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Kopilng sepeda motor/ Motorlands.eu

OTOSIA.COM - Meski digempur berbagai model skuter matik, sepeda motor transmisi manual, baik bebek maupun kopling masih diminati. Alasannya tentu beragam, mulai dari desain yang ditawarkan hingga performa motor.

Namun, ada masalah yang kerap mengganggu para pengendara sepeda motor manual, yaitu selip pada kopling. Dilansir dari instagram @hondajogjakarta, hal itu bisa terjadi karena empat hal.

Pertama, kopling selip disebabkan oleh kondisi oli yang sudah usang. Untuk menghindari masalah tadi, lakukanlah penggantian oli mesin sesuai ketentuan, biasanya setelah menempuh 2.000 km.

Selain itu, selip kopling juga bisa disebabkan spesifikasi oli yang tidak sesuai. Meski memiliki fungsi yang sama, melumasi mesin, oli dibuat dalam berbagai jenis dengan kelebihannya masing-masing. Jika mengendarai sepeda motor manual, jangan menggunakan oli untuk skutik.

Bisa jadi, selip kopling disebabkan oleh jarak kopling yang ideal. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah servis di bengkel resmi atau mekanik yang sudah dipercaya.

Terakhir, selip kopling bisa disebabkan oleh kampas dan per kopling yang sudah aus. Mengatasinya tentu dengan mengganti kedua komponen tersebut. Supaya hasilnya baik, serahkan tugas tersebut ke bengkel resmi atau pun mekanik yang terpercaya.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR