HOME » BERITA » KENANG 30 TAHUN JUARA DUNIA AYRTON SENNA, KOLEKTOR PESAN MOBIL SPORT KHUSUS

Kenang 30 Tahun Juara Dunia Ayrton Senna, Kolektor Pesan Mobil Sport Khusus

Rabu, 02 Januari 2019 20:15 Editor : Cornelius Candra
McLaren P1 GTR (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Bagi para pencinta balapan jet darat Formula Satu era 1980an tentu sudah tidak asing dengan sosok pembalap asal Brazil ini. Ayrton Senna merupakan juara dunia Formula Satu sebanyak tiga kali yaitu 1988, 1990 dan 1991. Semua gelar juara tersebut diraihnya saat mengendarai McLaren MP4/4.

Dilansir dari Carscoops.com, untuk memperingati 30 tahun gelar pertama Ayrton Senna di Formula 1 bersama tim McLaren, seorang kolektor terinspirasi untuk memesan khusus sebuah McLaren P1 GTR dan menugaskan McLaren MSO untuk menciptakan sebuah McLaren P1 GTR edisi persembahan untuk Ayrton Senna. Untuk memperkuat identitas seorang Ayrton Senna, mobil ini dibalut dengan corak warna ala livery MP4 / 4 yaitu dengan kombinasi warna merah putih yang sangat identik lebih dari 20 tahun. Tidak hanya itu saja, pada bagian samping mobil juga terdapat sebuah tulisan Senna dan slogan Driven to Perfection serta bendera asal negara sang pembalap yaitu bendera Brazil. Tidak lupa, angka 12 yang merupakan nomor mobil balap Ayrton Senna pada 1988 juga ditampilkan pada bagian kap mesin dan sayap mobil.

Begitu spesialnya mobil ini, bahkan untuk melukis dan mendesain bagian eksterior dari P1 GTR edisi Ayrton Senna ini saja membutuhkan waktu lebih dari 800 jam, termasuk untuk menampilkan hal-hal mendetail seperti penyertaan beberapa mitra Mclaren baik itu dahulu maupun sekarang. Mobil ini memiliki julukan yaitu Beco yang merupakan nama panggilan yang diberikan kepada Ayrton Senna oleh orang tuanya.

Tidak hanya urusan livery atau warna yang berbeda dari mobil ini, P1 GTR edisi Ayrton Senna ini juga memiliki beberapa perubahan seperti aerokit yang diklaim mampu meningkatkan downforce sekitar 800 kg. Pada bagian bumper depan pun ditambahkan sebuah splitter yang lebih luas serta penambahan Gurney flap yang berfungsi untuk menghasilkan aliran udara yang lebih baik ke bagian sisi mobil. Pada bagian belakang, mobil ini memiliki tampilan sayap yang lebih besar dari P1 GTR standar, hal itu ditujukan untuk menyamai tampilan sayap dari MP4/4.

Perubahan tidak hanya terjadi dibagian eksterior saja, beranjak ke bagian interior terdapat banyak hal yang berbeda dari P1 GTR edisi Ayrton Senna ini. Stir multi fungsi yang terdapat pada mobil ini telah didesain di Alcantara dan dikombinasikan dengan jahitan yang cocok dengan stir MP4 / 4. Pada bagian stir juga terdapat tulisan Senna serta garis strip merah tipis yang terdapat pada bagian dasbor dan doortrim. McLaren P1 GTR ini juga menggunakan kursi balap super ringan yang bertujuan untuk mengurangi bobot dari mobil ini.

Untuk melengkapi desain mobil edisi Ayrton Senna tersebut, kolektor ini pun memesan sebuah helm khusus yang memiliki desain sama dengan corak McLaren P1 GTR edisi Ayrton Senna.

Dengan permintaan khusus yang dipesan lebih dahulu tanpa batas yang tersedia dari McLaren Special Operations (MSO), klien kami hanya dibatasi oleh imajinasi mereka dan kami tentu saja dapat membantu dengan ini juga. Namun, juga luar biasa memiliki kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada sejarah indah merek kami, terutama dengan tahun ini menandai peringatan 30 tahun gelar juara dunia Formula 1 Ayrton Senna bersama McLaren, ungkap pimpinan MSO, Ansar Ali.

Proyek ini telah menjadi kerja cinta untuk MSO; dengan mesin yang luas dan peningkatan aerodinamis di samping perawatan aksesoris khas yang telah diterima mobil ini, ini tentu saja merupakan sebuah pencapaian penting. tambahnya.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR