HOME » BERITA » KENAPA KUCING SUKA BUANG AIR DI KESET MANA SAJA?

Kenapa Kucing Suka Buang Air di Keset Mana Saja?

Sebelum meluapkan kekesalan, pahami dulu alasan di balik perilakunya.

Rabu, 13 Januari 2021 07:31 Editor : Wuri Anggarini
(c) Shutterstock

OTOSIA.COM - Sulit menahan diri untuk nggak gemas melihat tingkah laku kucing kesayangan. Tapi beda ceritanya saat menangkap basah kucing yang tengah buang air di atas keset. Bukan hanya yang ada di luar rumah, tak jarang hewan peliharaanmu juga memanfaatkan keset kamar mandi maupun kamarmu. Sebelum meluapkan kekesalan, pahami dulu alasan di balik perilakunya.

Menolak Buang Air di Litter Box

(c) Shutterstock

Kucing pada umumnya adalah hewan yang bersih dan rapi. Saat buang air di luar litter box-nya, sebenarnya kucing sedang mencoba berkomunikasi dengan pemiliknya. Pertama, lihat litter box-nya untuk memastikan kondisinya bebas kotor, terbalik atau tertutup. Bahkan, tak jarang kucing enggan menggunakan kotak pasirnya karena nggak menyukai ukuran, model maupun lokasinya.

Stres

(c) Shutterstock

Baru saja pindah rumah, mengadopsi hewan baru atau jam kerja yang berubah? Perubahan sekecil apapun bisa bikin kucing stres, apalagi yang cukup sensitif dan menanggapinya dengan buang air di sembarang tempat termasuk keset. Pahami sumber stres dan cari solusi terbaik, misalnya memastikan adanya tempat yang aman bagi kucing untuk bersembunyi dan memindahkan litter box agar nggak bersebelahan dengan wadah makan.

Sangat Menyukai Keset

(c) Shutterstock

Dari semua tempat di rumah, keset merupakan area favorit kucing untuk buang air. Bisa jadi permukaannya yang halus dan mudah digaruk, maupun aroma khas karet yang mengundang kucing untuk menghabiskan banyak waktu di atasnya.

Masalah Kesehatan

(c) Shutterstock

Tak kalah penting, perhatikan kesehatan kucing kesayanganmu. Cari tanda-tanda lain seperti muntah, diare, perubahan nafsu makan atau tampak lesu yang bisa jadi indikasi gangguan kesehatannya.

Rasa sakit atau kurang nyaman saat buang air membuat kucing kesulitan keluar masuk litter box dan memilih posisi yang lebih mudah dicapai, seperti keset. Selain radang sendi, gangguan pencernaan seperti sembelit bahkan demensia pada kucing tua pun bisa memicu kebiasaan ini.

Kalau masalah kesehatan jadi sumber perilaku kucing yang buang air di atas keset, nggak ada salahnya memilih makanan kucing yang kaya nutrisi seperti Muezza. Selain mengandung protein, asam lemak, vitamin, mineral dan karbohidrat yang seimbang, cat food ini juga diperkaya Ekstrak Yucca Schidigera. Berasal dari beberapa ligan saponin dan kompleks karbohidrat, ekstrak ini ampuh menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan sekaligus mengurangi bau kotoran kucing.

Selain membantu menjaga kesehatan kucing, Muezza yang sudah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand ini juga bakal bikin cat owner lebih tenang saat membersihkan area rumah yang terkena kotorannya. Begitu juga saat terkena liur kucing, memegang cat food, hingga leluasa mencari tempat penyimpanan.

Tersedia dalam 4 varian rasa dengan tekstur yang cocok di lidah kucing, buruan amankan stok Muezza dengan membelinya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(kpl/eth/wri)

BERI KOMENTAR