HOME » BERITA » KENAPA OLI SINTETIK LEBIH MAHAL DARI OLI MINERAL?

Kenapa Oli Sintetik Lebih Mahal dari Oli Mineral?

Pelumas atau oli kendaraan saat ini ditawarkan dalam dua pilihan yaitu mineral dan sintetik. Jika keduanya dibandingkan, perbedaan paling mencolok terletak pada harga jualnya.

Sabtu, 24 Maret 2018 11:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : Autoxpattvpor.com

OTOSIA.COM - Pelumas atau oli kendaraan saat ini ditawarkan dalam dua pilihan yaitu mineral dan sintetik. Jika keduanya dibandingkan, perbedaan paling mencolok terletak pada harga jualnya. Oli sintetik cenderung lebih mahal dibanding mineral. Mengapa begitu?

Menurut Koh Kar Tai selaku Lubricants Lead, Asia Phillips 66 International Trading Pte. Ltd., perbedaan tersebut disebabkan oleh bahan dan proses pembuatannya.

"Pasti lebih mahal sintetik. Sintetik itu dibuat melalui proses tertentu sehingga membuat harganya lebih tinggi," jelas Koh.

Oli mineral merupakan minyak bumi yang diproses sedemikian rupa agar menjadi pelumas. Sedangkan sintetik, sesuai namanya, oli ini menggunakan senyawa kimia yang dibuat secara artifisial yaitu poly-alpha-olefin atau biasa disebut PAO. Hal ini memungkinkan oli sintetik untuk mempunyai kelebihan yang tak dimiliki oleh oli mineral.

Oli sintetik pun terbagi menjadi dua varian yaitu full dan semi. Pada varian full sintetik, oli terbuat dari material buatan di atas, sedangkan oli semi sintetik merupakan gabungan antara mineral dengan senyawa kimia.

(kpl/fid/crn)

BERI KOMENTAR