HOME » BERITA » KENAPA SEPEDA MOTOR MODEL INI DISEBUT 'MOTOR BEBEK'?

Kenapa Sepeda Motor Model Ini Disebut 'Motor Bebek'?

Sabtu, 15 April 2017 12:15

Kenapa Sepeda Motor Model Ini Disebut 'Motor Bebek'?
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Model sepeda motor yang masuk dan berkembang di Indonesia untuk era sekarang ini cukup banyak. Mulai dari scooter kemudian dikenal dengan motor matic, sport fairing, naked sport, cruiser, trail, 'Ayago', 'Bebek' dan sebagainya.

Uniknya sejumlah model sepeda motor tersebut menggunakan nama binatang ternak. Seperti halnya motor 'bebek' yang mulai masuk Indonesia pada tahun 1960 ini.

Situs terbesar yang menyajikan segala wacana pengetahuan, Wikipedia pun menyebutnya sebagai 'motor bebek'. Dalam paparannya, "Motor Bebek adalah sepeda motor kecil yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar. Desain ini di Barat dikenal sebagai design 'step-through'," dikutip Sabtu 15/04.

Penggunaan nama 'bebek' jadi nama model sepeda motor ini diperkirakan karena bentuknya. Ketika disejajarkan, desain kendaraan roda dua model ini dari samping memiliki bentuk lekukan yang ternyata menyerupai 'bebek'.

Selain itu, sepeda motor model tersebut pada tahun 1980an sampai 2000an juga memiliki fairing tipis yang bentuknya menyerupai sayap, yang memperkuat penamaannya sebagai motor bebek. Fairing tersebut bisa kita lihat pada Honda C70 sampai generasai Supra, Yamaha V75, Suzuki Bravo dan sejenisnya.

Belum ada penelitian yang memastikan hal tersebut. Kemungkinan karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat dalam penyebutan tersebut, bahkan sampai sekarang sepeda motor model ini juga tetap disebut dengan jenis motor bebek meski sudah memilik desain yang lebih modern.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER