HOME » BERITA » KENCAN SINGKAT BERSAMA ALL NEW TOYOTA VELOZ, BUKAN LAGI AVANZA?

Kencan Singkat Bersama All New Toyota Veloz, Bukan Lagi Avanza?

Sudah tidak lagi dalam keluarga Avanza, Toyota Veloz hadir sebagai LMPV premium dari Toyota. Bagaimana rasa berkendaranya?

Kamis, 18 November 2021 17:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Kencan Singkat Bersama All New Toyota Veloz, Bukan Lagi Avanza?
Unit test drive Toyota Veloz di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini meluncurkan All New Toyota Veloz. Peluncuran mobil tersebut berlangsung secara virtual sehari sebelum pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Rabu (10/11/2021).

Berbeda dari sebelumnya, Toyota Veloz kini dijual terpisah dari keluarga "mobil sejuta umat". Mobil itu kini diposisikan sebagai produk LMPV premium di atas Avanza.

Meski mengusung basis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti Toyota Avanza, Veloz dibuat lebih berbeda dan mewah dari segi eksterior, interior, dan harganya.

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Toyota Veloz di booth Toyota pada acara GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sebelumnya wujud All New Toyota Veloz sudah secara resmi dirilis di dunia maya. Namun saat melihat secara kasat mata, LMPV itu terlihat lebih menawan. Menurut Otosia, Veloz diberikan tampilan yang lebih proper dibandingkan Avanza, di mana bentuk bodi terlihat lebih "gambot".

Bodi mobil itu terlihat lebih berisi dari setiap sisi, mulai dari fender yang lebih menonjol dan bagian under body tebal berwarna hitam yang melengkapi tampilan Veloz. Sementara bagian kaki dilengkapi pelek two tone kembang dengan ukuran 17 inci dan yang menarik, roda belakang sudah menggunakan rem cakram.

Seluruh perubahan ini membuat All New Veloz lebih sesuai dengan bahasa desainnya yang cenderung lebih besar, bold, dengan elemen-elemen sporti. Sementara Toyota Avanza desainnya terlihat kurang menyatu secara menyeluruh, jika dibandingkan dengan Veloz.

2 dari 6 Halaman

Interior

Interior All New Toyota Veloz (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sama dengan eksterior, Toyota membuat kabin All New Veloz berbeda dengan Avanza. Interior mobil itu dibuat lebih mewah dan premium, melalui penggunaan panel-panel soft touch, konsol tengah tinggi dengan wireless charging, perpaduan jok kulit dan kain, aksen-aksen brushed silver, serta ambient lighting.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Veloz berbagi parts dengan Avanza sekaligus Raize. Paling mencolok adalah penggunaan tombol-tombol di setir, panel dan kenob AC, serta speedometer digital dengan animasi yang terlihat mirip dengan kepunyaan Raize.

3 dari 6 Halaman

Posisi mengemudi lebih ideal dibanding Daihatsu Xenia yang Otosia sempat mencoba di GIIAS 2021. Lantaran Avanza dan Veloz terbaru sudah dilengkapi pengaturan setir teleskopik, pengaturan posisi berkendara lebih fleksibel.

Duduk di baris kedua, Toyota Veloz kurang lebih sama dengan Avanza maupun Xenia. Baris kedua terasa luas dan lebar dan, khusus Veloz, dilengkapi layar flip down yang memanjakan mata penumpang saat perjalanan jarak jauh.

4 dari 6 Halaman

Rasa berkendara

Unit test drive All New Toyota Veloz di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia berkesempatan mencoba secara singkat All New Toyota Veloz di test track GIIAS 2021. Lokasi pengetesan berada di belakang gedung 1 dengan lintasan berbentuk oval.

Rute di mulai dari area parkir dengan sebuah tanjakan kecil dan berlanjut ke jalan luar berisi kumpulan polisi tidur, sama seperti lokasi pengetesan All New Daihatsu Xenia sebelumnya. Model pengetesan yang tersedia di GIIAS adalah tipe tertinggi Veloz Q TSS.

5 dari 6 Halaman

Toyota mengklaim bahwa Veloz dirakit khusus oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), lain dari Avanza yang masih berbagi tempat dengan Xenia.

Meski demikian mesin 1.500cc bawaannya terasa tidak terlalu berbeda dengan Xenia yang sempat kami uji coba sebelumnya. Bisa jadi terasa lebih halus sedikit, namun hal ini perlu diselidiki lebih dalam pada rute yang lebih jauh dan menantang.

Sama halnya dengan transmisi CVT terbarunya. Mobil menjadi responsif di rpm rendah dan lebih effortless dengan hilangnya proses perpindahan gigi. Hal ini juga kami rasakan di All New Daihatsu Xenia.

Sementara kekedapan kabin dan reaksi dari suspensi saat melintasi guncangan lebih redup dan sunyi jika dibandingkan Xenia.

6 dari 6 Halaman

Kendati demikian, suspensi belakang sempat terasa sedikit "melayang" saat melewati kumpulan polisi tidur di kecepatan kisaran 5 km/jam. Hal ini bisa jadi akibat dari karakteristik suspensi yang cenderung empuk atau memang khasnya suspensi belakang torsion beam.

Yang pasti, All New Toyota Veloz, merupakan improvement besar dari model sebelumnya, mulai dari segi kenyamanan, keamanan, dan kemewahan.

BERI KOMENTAR