HOME » BERITA » KENCAN SINGKAT DENGAN DAIHATSU ROCKY 1.2L, BEGINI RASANYA

Kencan Singkat dengan Daihatsu Rocky 1.2L, Begini Rasanya

Pada acara media test drive di R&D Test Course PT Astra Daihatsu Motor, otosia.com berkesempatan menjajal langsung Rocky 1.2L.

Kamis, 07 Oktober 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Kencan Singkat dengan Daihatsu Rocky 1.2L, Begini Rasanya
Daihatsu Rocky 1.2 (ADM)

OTOSIA.COM - Setelah peluncuran Daihatsu Rocky 1.2 di bulan Juni 2021 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak para awal media, termasuk otosia.com untuk menjajal langsung Rocky 1.2L.

Pengetesan bukan di jalan raya atau jalur luar kota, melainkan di R&D Test Course, Karawang Assembly Plant ADM, Selasa (5/10/2021).

Dalam kegiatan test drive pihak ADM menyiapkan 3 Daihatsu Rocky, varian transmisi otomatis dan manual. Tes ini juga bertujuan untuk menguji kemampuan tipe matic saat menanjak.

Lokasi pengetesan berupa test track berukuran 2.7km. Di sana ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk menguji berbagai hal, seperti kekedapan kabin, guncangan dari suspensi, pengereman, dan top speed.

1 dari 5 Halaman

Hasil Uji Rocky 1.2

Ilustrasi Daihatsu Rocky melintasi jalanan bergelombang (ADM)

Mengawali test drive model transmisi CVT, kami mencoba bagian handling, ride comfort, merasakan keluasan interior, serta respon mesin.

Pengendalian Daihatsu Rocky cukup mumpuni. Setir tergolong ringan dan responsif, tidak terasa gejala artificial saat digunakan. Hal ini membuat Rocky mudah untuk bermanuver, terutama di jalanan perkotaan.

Mengingat Rocky adalah SUV dengan bodi yang tinggi, ini berimbas pada kestabilan. Gejala limbung cukup terasa, terutama saat berbelok di kecepatan 35-40 km/jam. Menikung sangat tajam di atas kecepatan tersebut tidak disarankan.

2 dari 5 Halaman

Sebagai gantinya ride comfort pada mobil ini menjadi lebih baik. Lantaran suspensi bawaannya tergolong cukup empuk, efek body roll cukup terasa. Hanya saja Rocky 1.2L punya kelebihan menyerap guncangan saat melintasi jalan bergelombang.

Masih pada soal kenyamanan berkendara. Deru mesin cukup terdengar di kabin. Hal ini terjadi saat mesin berada di rpm antara 4.000-5.000 rpm. Sebaliknya, pada rpm rendah suara berisik tidak terdengar.

Menurut otosia.com, kelapangan kabin mobil ini tergolong mumpuni. Pada saat pengetesan, satu mobil dijejali 4 orang dewasa. Ruang Daihatsu Rocky tidak membuat kami berempat berdesak-desakan di dalam mobil, dan bodi yang tinggi cukup membantu keleluasan penumpang.

3 dari 5 Halaman

Performa Rocky 1.2

Ilustrasi Daihatsu Rocky menanjak (ADM)

Beralih ke performa. Menurut kami getaran mesin tidak terlalu mengganggu karena tidak tergolong ekstrem.

Dapur pacu 1.200cc naturally aspirated bawaannya cukup responsif. Kendati tidak menggunakan teknologi turbo, jarum di tachometer dengan mudah mencapai garis merah dan tidak terasa loyo, serta power delivery yang linear mulai dari rpm rendah.

Transmisi CVT bereaksi baik, sehingga tidak terasa berat untuk berakselerasi. Ketika beralih ke transmisi manual, varian ini patut diacungi jempol. Posisi tuas yang lebih tinggi dipadu dengan aksi short throw membuat proses pergantian gigi lebih presisi dan fun.

 

 

 

4 dari 5 Halaman

Terakhir adalah uji menanjak. Pihak ADM menyiapkan satu mobil dimana kami ditunjukkan langsung ketangguhan mesin Rocky 1.200cc terbaru ini di saat melintasi tanjakan yang cukup curam.

Pada saat pengetesan, mobil diberhentikan di tengah-tengah tanjakan. Setelah berhenti total, test driver dari pihak ADM langsung lanjut menaiki tanjakan. Walaupun mesin bergetar keras saat menanjak, mobil tidak mundur dan dengan mudah melaju kembali di tanjakan tersebut.

5 dari 5 Halaman

BERI KOMENTAR