HOME » BERITA » KENDARAAN MILITER LISTRIK BUATAN ITENAS BANDUNG PUNYA KEKUATAN GEMPUR LUAR BIASA

Kendaraan Militer Listrik Buatan Itenas Bandung Punya Kekuatan Gempur Luar Biasa

Itenas Bandung kembali mengembangkan kendaraan listrik. Kali ini, kendaraan listrik militer berkapasitas 2-penumpang itu memiliki kekuatan gempur 5.000 Newton.

Rabu, 04 November 2020 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Kendaraan Militer Listrik Buatan Itenas Bandung Punya Kekuatan Gempur Luar Biasa
Kendaraan militer listrik buatan Itenas Bandung (Itenas.ac.id via merdeka.com)

OTOSIA.COM - Setelah dua kendaraan elektrik, Institut Teknologi Nasional ) Itenas Bandung kembali mengembangkan mobil listrik. Mobi listrik bernama Sergap Senyap Electric Vehicle itu disebut berbeda dari dua kendaraan listrik sebelumnya.

Dalam peluncurannya di peringatan Hari Listrik tingkat Provinsi Jawa Barat pada Senin, (2/11/2020) kemarin, Rektor Itenasi Meilinda Nurbanasari menyebutkan jika Sergap Senyap Electric Vehicle lebih diperuntukkan sebagai kendaraan tempur untuk kalangan Militer.

Bahkan Kendaraan tersebut juga mampu melaju hingga 120 KM/Jam, sehingga bisa diandalkan karena memiliki kekuatan gempur sebesar 5.000 newton. Dalam kesempatan peringatan hari listrik tersebut, Itenas menjadi satu-satunya perwakilan di Jawa Barat yang mengirimkan produknya.

"Alhamdulillah, kemarin Itenas Bandung menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mengirimkan mobil listrik dalam acara Peringatan Hari Listrik Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat," ucap Rektor seperti dikutip dari ANTARA.

1 dari 3 Halaman

Sementara itu untuk menunjang aktivitasnyanya, Meilinda juga menyebut jika mobil Militer berkapasitas dua orang tersebut memiliki beberapa penunjang untuk membantu performanya saat diandalkan.

"Produk pengembangan mobil listrik ketiga dengan spesifikasi pertahanan militer yang memiliki kapasitas dua penumpang dengan perlengkapan air cannon yang dilengkapi peluru seberat tiga kilogram," paparnya.

Sebelumnya diketahui jika mobil listrik berkebutuhan khusus tersebut dirancang bermula dari penelitian dosen Program Studi Teknik Mesin Itenas Bandung bernama Tarsisius Kristyadi, S.T., M.T., Ph.D.

"Sebelumnya kami juga meluncurkan mobil listrik pertama berjenis cross over yang diluncurkan di Tahun 2017 dengan nama Evhero Electric Crossover Gen.1, atau lebih dikenal dengan Mobil Listrik Evhero, selanjutnya di tahun 2018 Itenas Bandung juga merancang mobil listrik kedua yang diberi nama V8 Vadi," katanya.

2 dari 3 Halaman

Sementara itu, peringatan Hari Listrik Nasional di Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat secara online dan offline.

Kegiatan offline bertempat di Lapangan Parkir Timur Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22 Kota Bandung dengan dihadiri Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan itu, gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut sangat mendukung inovasi dari mobil bertenaga listrik milik Itenas Bandung tersebut. Menurutnya, langkah tersebut menjadi saran konversi kendaraan dan kompor listrik di masa kini.

"Kendaraan dan kompor bertenaga listrik ini akan menjadi solusi bagi pengurangan polusi udara dan penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil," tutur orang nomor satu di Jawa Barat ini.

3 dari 3 Halaman

Di acara tersebut Kang Emil juga meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Acara Hari Listrik Nasional di Bandung tersebut ditutup dengan uji kendaraan listrik yang juga dihadiri oleh DPRD Jawa Barat, Kepala Dinas ESDM, PT PLN UID Jawa Barat, PT Hyundai.

Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle juga turut diikutsertakan dalam iring-iringan kegiatan test drive dari kendaraan listrik Itenas tersebut.

Penulis: Nurul Diva Kautsar

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR