HOME » BERITA » KEPADA PRESIDEN TERPILIH, INI HARAPAN PEGIAT MOTOR CUSTOM DI TANAH AIR

Kepada Presiden Terpilih, Ini Harapan Pegiat Motor Custom di Tanah Air

Penghitungan suara Pilpres 2019 secara real count masih berlangsung. Para pelaku industri otomotif Tanah Air, banyak menyimpan harapan kepada Presiden terpilih nanti, untuk bisa mendorong berkembangnya industri otomotif Indonesia.

Minggu, 21 April 2019 10:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi motor kustom (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Walaupun hasil perhitungan real count pemilihan Presiden Indonesia belum final, sejumlah pelaku di industri otomotif menaruh harapan besar terhadap presiden terpilih nanti. Salah satu tanggapan dan keingginan datang dari para pegiat motor custom di Indonesia.

Dari beberapa komentar, sebagian besar dari pelaku di industri motor custom meminta Presiden RI mendatang lebih menaruh perhatian pada dunia modifikasi roda dua.

Pasalnya, industri skala kecil dan menengah, hingga besar ini menyerap banyak tenaga kerja dan sudah mampu melakukan ekspor komponen modifikasi ke manca negara.

"Saya juga berharap kepada pak presiden nanti, pelaku bisnis modifikasi dapat digandeng untuk memajukan UKM. Karena seyogyanya kami sudah melakukan kegaitan ekonomi mikro yang menyerap lapangan pekerjaan," kata Arie Perkasa, punggawa Street Arts Custom.

Selain itu siapapun yang nantinya keluar menjadi Presiden terpilih nanti, diharapkan bisa mengeluarkan kebijakan atau regulasi yang mempermudah ekspor maupun impor, demi kemajuan industri motor custom di Tanah Air.

Perhatian bisa dimulai dari kemudahan regulasi, kemudahan impor, dan juga bantuan lain seperti pelatihan tenaga kerja, dan sebagainya, imbuh Arie, seraya menyatakan pihaknya sangat terbuka melatih mereka yang tertarik berkecimpung dalam dunia custom motor. Seperti metal shaping, frame welding, pendempulan dan pengecatan, serta airbrush.

Menurut Arie, sebenarnya pemerintahan lalu sudah menaruh perhatian terhadap dunia modifikasi motor. Salah satunya adalah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang mengapresiasi Street Builder Academy (SBA).

SBA merupakan kegiatan yang dilakukan oleh bengkel custom roda dua Street Arts Custom untuk mencetak calon-calon builder terampil.

Akhir tahun lalu secara khusus Street Arts Custom yang dipimpin Arie Perkasa melakukan audiensi dengan Menteri tenaga Kerja Hanif Dhakiri di kantor Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut Kemnaker mendukung kegiatan yang dilakukan Street Arts Custom. Salah satunya adalah mempersilahkan SBA menggunakan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kemnaker, sehingga para peserta (SBA) akan lebih mendalami setiap materi pelatihan yang diberikan.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR