HOME » BERITA » KEREN! MERATAKAN JALANAN BETON BISA RAPI KARENA LASER

Keren! Meratakan Jalanan Beton Bisa Rapi Karena Laser

Rabu, 06 Desember 2017 17:15

Keren! Meratakan Jalanan Beton Bisa Rapi Karena Laser
Aspal dilaser (foto: Facebook Hollywood Virals)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Otolovers sekalian pasti tahu bagaimana presiden Joko Widodo dengan getol membangun jalan tol, dan infrastruktur lainnya demi terselenggaranya fasilitas transportasi yang jauh lebih nyaman. Pun demikian dengan jalanan yang dibangun menggunakan beton cor, yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun sebagai alternatif dari aspal.

Tapi Otolovers tahu tidak, bahwa di sejumlah negara sudah dilakukan pembangunan jalur yang menggunakan cor-coran beton supaya bisa lebih rapi. Tak cuma itu, seperti unggahan dari Hollywood Viral ini beton cor yang dipergunakan dirapikan menggunakan laser! Hal ini tentu saja memberikan pengaruh yang sangat berbeda.

Alih-alih menggunakan alat yang konvensional, menggunakan laser ternyata bisa jauh lebih rapi. Mengapa? Karena secara konsep, laser adalah alat yang berbasis dengan menggunakan cahaya. Dan cahaya tidak akan bisa mengalami kondisi tidak rata, kecuali jika dihalang-halangi.

Agak mirip mekanismenya dengan silinder yang meratakan aspal, yakni menggunkaan pressure supaya permukaan jalan jadi lebih rata dan tidak mengalami bolong-bolong.

Tapi bentukan akhir dari jalan cor yang sudah diratakan menggunakan laser pun jadi jauh lebih rapi. Karena sifat laser yang lurus dan tidak berbelok-belok, hasil perataanpun juga tampak nyaris sempurna. Nah, kalau misalkan hal ini diterapkan di jalanan tol yang ada di Indonesia bagaimana ya?

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-6
detail

BERITA POPULER