HOME » BERITA » KEREN, MOTOR BALAP LISTRIK INI DIKEMBANGKAN OLEH MAHASISWA

Keren, Motor Balap Listrik Ini Dikembangkan oleh Mahasiswa

Sebanyak 40 mahasiswa berhasil mengembangkan motor listrik dan akan menurunkannya di ajang balap internasional.

Selasa, 25 Februari 2020 10:15 Editor : Cornelius Candra
Keren, Motor Balap Listrik Ini Dikembangkan oleh Mahasiswa
Motor listrik mahasiswa (Motosaigon.vn)

OTOSIA.COM - Perkembangan motor listrik ternyata tak hanya diperhatikan oleh pabrikan raksasa. Beberapa lembaga pendidikan pun turut ambil bagian dalam kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Beberapa waktu lalu, University of Warwick, Inggris, mengungkap motor listrik hasil pengembangan mahasiswanya. Tak tanggung-tanggung, kendaraan roda 2 itu kabarnya akan berkompetisi di skala internasional.

1 dari 3 Halaman

Mengutip dari Motorcyclenews.com, motor listrik yang berbasis Honda CBR1000RR Fireblade itu memang dibuat untuk diturunkan dalam ajang balap motor listrik jalanan, Tourist Trophy (TT) Zero pada 2022 mendatang.

Motor listrik ini dikembangkan oleh Warwick Moto Team. Di dalamnya, berisi 40 mahasiswa dari berbagai bidang, seperti Warwick Manufacturing Group, ilmu komputer, fisika, matematika, dan teknik.

2 dari 3 Halaman

Tak hanya itu, Warwick Moto Team turut menggandeng bengkel kustom besar di Asia, yaitu Rajputana Custom Motorcycles. Ada juga produses suspensi khusus balap asal Italia, Mupo Race Suspension.

"Lebih dari sekadar teori dan prinsip, motor ini adalah soal pengalaman praktis dan mencari solusi yang nyata, tak hanya mengerjakannya di atas kertas," ujar Aman Surana, Manajer Warwick Moto Team.

3 dari 3 Halaman

Agar layak turun di ajang TT Zero 2022, Warwick Moto Team turut menggandeng pembalap road race berpengalaman, Tom Weeden. Ia berharap motor ini bisa benar-benar melaju kencang dan menjadi sebuah tim besar.

Rencananya, prototype motor listrik ini akan selesai pada Maret 2020 mendatang dan siap diuji coba. Dan jika sesuai ekspektasi, mereka akan turun di TT Zero 2022.

BERI KOMENTAR