HOME » BERITA » KESAL DENGAN LAMPU DEPAN KENDARAAN LAIN, CEK ULANG KEGELAPAN KACA FILM

Kesal dengan Lampu Depan Kendaraan Lain, Cek Ulang Kegelapan Kaca Film

Silau mata akibat cahaya lampu mobil dari depan bisa diakibatkan oleh kesalahan pemilihan kaca film dengan visible light transmittance yang tidak dianjurkan.

Jum'at, 29 Oktober 2021 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Kesal dengan Lampu Depan Kendaraan Lain, Cek Ulang Kegelapan Kaca Film
Ilustrasi kaca film Wincos (Wincos)

OTOSIA.COM - Salah satu problem yang sering dihadapi saat berkendara malam hari adalah sorot lampu dari arah berlawanan.

Pasalnya, bahkan ada pengguna kendaraan lain yang memodifikasi lampunya dengan sudut ketinggian yang tidak sewajarnya. Begitu pula dengan warna cahaya yang di atas standar.

1 dari 3 Halaman

Silaunya membuat sakit mata. Di sini ada pelajaran menarik mengenai istilah yang dinamakan dengan VLT.

VLT adalah kependekan dari visible light transmittance. Siswanto, Marketing & Promotion Manager Wincos menyebutkan bahwa VLT menjadi ukuran cahaya ke kabin.

"Kalau berhubungan dengan sorot lampu itu berkaitan dengan parameter VLT (cahaya yang masuk ke dalam kabin)," ujarnya.

2 dari 3 Halaman

Kegelapan kaca film cukup 40% (Wincos)

Ia menjelaskan bahwa semakin rendah VLT, maka kaca film akan mampu mengurangi silau dari lampu arah berlawanan.

"Teknologi Night View Control (di kaca film Wincos) bekerja pada situsi yang minim cahaya di luar mobil, dan kaca film memberikan efek jernih pada pandangan," ujarnya.

3 dari 3 Halaman

Ia kemudian menyebutkan bahwa untuk menangkal cahaya dari depan sekaligus tetap menjaga kejernihannya, kegelapan kaca film cukup di 40 persen.

"Rekomendasi kegelapan 40% (tipe HCD30G) karena kemampuannya sudah sangat baik meredam silau tetapi masih terang dari dalam," terangnya.

Tentu 40 persen yang dimaksud di sini berlaku untuk produk tersebut. Sebab 40 persen pada kaca film umum akan cenderung bening.

BERI KOMENTAR