HOME » BERITA » KESETIAAN KONSUMEN TOYOTA KENA TIKUNG SUBARU

Kesetiaan Konsumen Toyota Kena Tikung Subaru

Kesetiaan konsumen juga penting bagi para produsen mobil. Tahun ini, kesetiaan konsumen Toyota ternyata digulingkan oleh tingkat kesetiaan konsumen Subaru, di Amerika Serikat.

Senin, 22 Juli 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Kesetiaan Konsumen Toyota Kena Tikung Subaru
Subaru menjadi merek mobil yang memiliki tingkat kesetiaan konsumen terbanyak di AS (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Mempertahankan konsumen lebih susah ketimbang mendapatkan konsumen baru. Pendapat itu rupanya tak sepenuhnya salah, kesetiaan konsumen menjadi hal yang penting.

Begitu pula bagi para produsen mobil. Mereka tak hanya menganggap penting tipe mobil apa saja yang mereka jual, tapi juga soal peran konsumen yang cukup vital.

Melansir Zing, JD Power melakukan survey soal indeks loyalitas konsumen otomotif di Amerika Serikat, setiap tahun. Survey ini dilakukan terhadap konsumen yang membeli mobil kedua dari brand yang sama.

"Loyalitas konsumen adalah ukuran paling penting bagi para produsen mobil karena mengabungkan banyak faktor, hingga membuat konsumen sebagai brand ambassador mereka," jelas Vice President Data and Brand Power JD Power, Tyson Jominy.

Jominy melanjutkan, ketika ada ikatan antara brand dengan konsumen, terhadap kemampuan ataupun seberapa prestisiusnya sebuah mobil, hal itu bisa membuat konsumen kembali membeli mobil dari brand yang sama.

1 dari 1 Halaman

Daftar Merek Mobil

Kesetiaan Konsumen Toyota Kena Tikung SubaruDaftar Merek Mobil

Tahun lalu, Toyota bertengger di posisi atas untuk kategori mobil mainstream. Sementara itu, untuk kategori mobil mewah, posisi puncak dihuni Lexus. Tahun 2019, daftar merek tiga teratas ternyata berubah.

Tahun ini, hasil survey JD Power menyebutkan posisi puncak Toyota sudah digeser oleh Subaru, dengan prosentase mencapai 61,5 persen. Toyota sendiri turun ke peringkat kedua dengan prosentase 59,5 persen.

Lalu peringkat ketiga ada Honda, dan diikuti RAM, Ford, Kia, Chevrolet, Nissan, Hyundai, Jeep, Volkswagen, Mazda, GMC, Mitsubishi, Buick, Dodge, Fiat, Chrysler, dan Smart.

Sedangkan, Lexus masih betah bertengger di posisi atas kategori mobil mewah dengan prosentase 47,6 persen. Hanya saja rata-rata tingkat loyalitas lebih rendah, karna dampak teknologi baru dan keputusan emosional pelanggan.

Setelah Lexus, ada Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Audi, Land Rover, Maserati, Acura, Lincoln, Cadillac, Volvo, Infiniti, dan Jaguar. Posisi tersebut juga berubah. Tahun lalu, top 3 kategori mobil mewah dihuni Lexus, Audi, dan Land Rover.

BERI KOMENTAR