HOME » BERITA » KETAHUAN MEROKOK, POLISI TEGUR PENGENDARA MOTOR LEWAT CCTV

Ketahuan Merokok, Polisi Tegur Pengendara Motor Lewat CCTV

Kamis, 18 April 2019 21:45 Editor : Cornelius Candra
Pelanggaran merokok sambil berkendara (Instagram.com/ @dramaojol.id)

OTOSIA.COM - Beberapa wilayah Indonesia, salah satunya Bandung, Jawa Barat, telah menindak pengendara motor yang melanggar aturan Permenhub nomor 12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor.

Sebuah video CCTV di akun instagram @dramaojol.id memperlihatkan seorang pengendara sedang merokok saat berhenti di lampu lalu lintas. Alhasil, Ia pun ditegur dan diimbau untuk mematikan rokok dan tidak membuang puntungnya sembarangan.

Tak hanya itu, mengutip dari Liputan6.com polisi dengan sigap langsung menghampiri pengendara dan memberikan peringatan bahwa ia telah melanggar peraturan lalu lintas.

Mengakui kesalahannya, pengendara tersebut langsung mematikan rokok dan menyimpan putungnya. Ia pun diimbau untuk tidak mengulangi kesalahannya.

Seperti diketahui, pengendara sepeda motor yang mengemudi sambil merokok bakal terancam kurungan penjara selama tiga bulan atau didenda sebanyak Rp750 ribu.

Penindakan tilang itu bakal diterapkan aparat kepolisian sebagaimana aturan Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan larangan merokok saat warga mengendarai sepeda motor.

Aturan tersebut tertuang dalam Permenhub RI Nomor 12 tahun 2019 dan resmi digulirkan sejak 11 Maret 2019 lalu. Di wilayah hukum Polda Metro Jaya sendiri, penindakan merokok saat berkendara sudah berjalan.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR