HOME » BERITA » KETAHUI 2 CARA PENULARA VIRUS CORONA COVID-19

Ketahui 2 Cara Penulara Virus Corona COVID-19

Ada dua cara penularan virus Corona COVID-19, secara tidak langsung dan langsung.

Senin, 06 April 2020 18:00 Editor : Dini Arining Tyas
Ketahui 2 Cara Penulara Virus Corona COVID-19
Calon penumpang pesawat di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Ilustrasi/Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Penularan virus Corona COVID-19 sempat disebut melalui airbone atau udara. Hal itu tidak benar, Badan Kesehata Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus Corona COVID-19 menular melalui droplets atau lendir yang keluar ketika seseorang bersin atau batuk.

WHO menjelaskan, tetesan tersebut terlalu berat untuk terlalu lama berada di udara. Selanjutnya percikan tersebut dengan cepat akan jatuh ke lantai atau permukaan lainnya.

Melansir Liputan6.com, ada dua cara penularan virus Corona melalui droplet. Yakni secara langsung dan tidak langsung. Simak penjelasannya.

1 dari 3 Halaman

Penularan Secara Tak Langsung

Penularan virus corona secara tidak langsung terjadi jika seseorang menyentuh permukaan atau benda apa pun yang sudah terkena atau terkontaminasi percikan atau tetesan dari seseorang yang terpapar COVID-19.

Seperti diketahui, virus Corona bisa bertahan selama beberapa jam di berbagai permukaan benda, seperti kaca, plastik, baja, tembaga, kertas, hingga kayu.

Ketika tanpa sengaja menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus tersebut lalu menyentuh wajah seperti dibagian idung, mulut, dan mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka akan berisiko tertular.

2 dari 3 Halaman

Penularan Secara Langsung

Sementara itu, penularan virus Corona COVID-19 secara langsung terjadi jika seseorang yang terpapara virus tersebut batuk, bersin, atau berbicara dan percikannya langsung mengenai orang lain. Situasi itu biasanya terjadi jika pihak-pihak yang terlibat interaksi dalam jarak satu meter.

Itulah mengapa, sangat disarankan agar kita menjaga jarak atau physical distancing. Setidaknya berjara 2 meter dengan orang lain. Dengan begitu, bisa terhindar dari percikan.

Sangat disarankan pula, saat terpaksa berada di kerumuman untuk menggunakan masker dan membuang masker tersebut di tempat sampah setelah selesai dipakai selama beberapa jam.

 

3 dari 3 Halaman

Sering Cuci Tangan

Selain itu, WHO juga mengingatkan agar selalu mencuci tangan memakai sabun dan air mminimal 20 detik. Jika sedang tak menemukan tempat cuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol sebelum makan dan melakukan aktivitas penting lainnya.

Disarankan pula untuk menggunakan sarung tangan jika beraktivitas di luar rumah. Terlebih harus menggunakan transportasi umum.

BERI KOMENTAR