HOME » BERITA » KETAHUI 5 HAL INI SEBELUM MENGASURANSIKAN MOBIL KLASIK

Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Mengasuransikan Mobil Klasik

Meski begitu, ketahui beberapa hal berikut ini sebelum mengasuransikan mobil klasik kesayangan.

Senin, 18 November 2019 11:40 Editor : Iwan Tantomi
┬ęShutterstock

OTOSIA.COM - Hobi otomotif bukan hanya keren, tetapi juga bisa menjadi investasi menarik jika pandai merawatnya. Apalagi jika tipe mobilnya termasuk dalam limited edition, tentu bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Hanya saja, merawat mobil-mobil klasik ini butuh effort tersendiri.

Selain itu, seiring berjalannya waktu, ketersediaan suku cadang mobil-mobil klasik ini juga semakin langka. Mau tak mau, mengasuransikan mobil klasik menjadi sebuah keharusan. Meski begitu, ketahui beberapa hal berikut ini sebelum mengasuransikan mobil klasik kesayangan.

Pastikan Mobilmu Benar-Benar Klasik

Perusahaan asuransi memiliki ketentuan sendiri dalam memutuskan apakah mobil tersebut benar-benar klasik dan layak untuk diasuransikan. Biasanya mobil klasik memang dibuat khusus untuk para kolektor, disimpan dengan baik dan dikendarai oleh orang-orang yang terbiasa mengemudikannya dengan aman. Selain itu, mobil klasik ini bahkan tak dijadikan kendaraan utama, namun tujuan utamanya memang untuk koleksi saja daripada untuk dikendarai sehari-hari.

Perhatikan Biaya Preminya

Hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum mengasuransikan mobil klasik adalah biaya premi setiap bulannya. Sebab, tinggi rendahnya biaya premi berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari usia mobil, lokasi biasa dikemudikan, hingga riwayat mengemudi kamu dengan mobil-mobil klasik. Apabila pengalamanmu merawat dan mengendarai mobil klasik cenderung buruk, besar kemungkinan biaya premi asuransi yang dikenakan bakal lebih tinggi.

Ketahui Biaya Pengadaan Suku Cadang

Semakin lama usia kendaraan yang kamu miliki, maka semakin sulit menemukan komponen suku cadangnya. Hal inilah yang membuat biaya pengadaan suku cadang jadi lebih mahal. Makanya, penting banget untuk memastikan asuransi mobil klasik yang kamu pilih benar-benar mencakup biaya pengadaan suku cadang.

Pastikan Asuransi Mencakup Biaya Perbaikan Mobil Akibat Tabrakan

Di sinilah pentingnya menjadi pengemudi yang benar-benar aman dalam berkendara, sebelum memutuskan untuk memiliki mobil klasik. Namun, jika kamu cukup handal melakukannya, pertimbangkan asuransi mobil klasik yang kamu pilih bisa mengganti kerusakan akibat benturan, tabrakan maupun kecelakaan lain yang dapat menyebabkan kerusakan fisik mobil. Meski tak ada yang tahu kapan kecelakaan bisa terjadi, tetapi hal ini bakal sangat membantu, karena biaya memperbaiki mobil klasik tidaklah murah.

Jangan Buru-Buru Membayar Mahal

Mungkin kamu berpikir, asuransi mobil klasik ini cenderung lebih mahal dibandingkan mobil biasa. Nyatanya, studi dari Progressive Insurance menunjukkan jika asuransi mobil klasik 40% lebih murah dibandingkan asuransi mobil murah. Ini karena kebutuhan dan perawatan mobil klasik cenderung lebih spesifik.

Menariknya, kamu bisa mengandalkan asuransi mobil terbaik, termasuk mobil-mobil klasik, lewat Traveloka. Dengan Asuransi Mobil Traveloka, kamu bisa melindungi mobil klasik kesayanganmu hanya lewat beberapa ketukan saja. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan memilih Asuransi Mobil Traveloka.

Pertama, bisa kamu ajukan dengan mudah, karena tak perlu membuat perjanjian untuk survey kondisi mobil. Cukup isi detailnya di Traveloka App. Selain itu, persetujuannya dapat diterima lebih cepat dalam kurun waktu 24 jam seja pendaftaran. Paling penting, Asuransi Mobil Traveloka hadir dengan paket asuransi terbaik, tapi dengan tarif kompetitif untuk mobil kamu. Tunggu apalagi, segera asuransikan mobil klasik kesayanganmu lewat Traveloka sekarang juga. Cek informasi selengkapnya di sini, ya.

(kpl/tmi)

BERI KOMENTAR