HOME » BERITA » KETAHUI 5 PENYEBAB YANG BIKIN TENAGA MOBIL MELEMPEM SAAT DIGAS

Ketahui 5 Penyebab yang Bikin Tenaga Mobil Melempem saat Digas

Mobil Otolovers melempem saat digas, ini sederet penyebabnya

Sabtu, 14 November 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ketahui 5 Penyebab yang Bikin Tenaga Mobil Melempem saat Digas
Ilustrasi pengecekan mesin mobil (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Salah satu kendala yang kerap ditemui oleh pengendara mobil adalah hilangnya tenaga kendaraan saat digas. Hal seperti ini jelas membuat jengkel pengemudi. Sebab kenyamanan berkendara terganggu dan pastinya konsumsi bahan bakar semakin boros.

Lalu apa sebenarnya penyebab dari permasalahan satu ini? Melansir laman resmi Auto2000, berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 5 Halaman

1. Ring Piston Aus

Penyebab pertama dari mobil yang hilang tenaga ketika sudah digas, adalah ring piston mengalami keausan. Ketika mesin mobil dihidupkan, maka bagian luar ring piston akan terus bergesekan dengan dinding silinder.

Gesekan ini sudah pasti berlangsung secara terus menerus. Namun, seiring berjalannya waktu akan ada efek buruk yang muncul. Apalagi ketika sudah lebih dari lima tahun tidak dilakukan penggantian oli secara berkala.

Untuk menghindari terjadinya masalah di bagian ring piston ini, maka jangan lupa untuk melakukan penggantian oli mesin mobil karena bisa saja ada bagian mengalami kerusakan.

2 dari 5 Halaman

2. Blok Silinder Aus

Tidak hanya ring piston yang bisa mengalami keausan. Blok silinder mesin mobil pun juga bisa. Blok silinder memiliki fungsi untuk menjadi jalur pergerakan ring piston yang bisa menjadi aus kalau tidak ada proses pelumasan sempurna.

Pada dasarnya blok silinder memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan ring piston.

Walaupun lebih kuat tapi tetap bisa mengalami keausan lebih cepat. Intinya adalah jangan pernah lupa untuk mengecek kondisi oli mobil Anda. Semakin jarang diganti secara berkala maka dampak negatif bisa muncul lebih cepat.

3 dari 5 Halaman

3. Klep Bocor

Klep atau katup dalam mobil berfungsi untuk menjadi pintu masuk material seperti udara dan bensin dari intake. Selain itu menjadi pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot.

Apalagi sekarang semakin banyak mobil dengan mesin sistem double katup (DOHC). Jadi dalam satu silinder terdapat dua katup intake dan exhaust. Penyetelan celah katup yang kurang tepat bisa saja membuat mobil Anda kekurangan tenaga.

4 dari 5 Halaman

4. Gasket Kepala Silinder Robek

Gasket kepala silinder berfungsi untuk merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder. Sama-sama berbahan dasar logam, ketika gasket tidak bekerja dengan baik, maka bisa terjadi kebocoran kompresi di bagian sambungan. Jadi gasket sangat penting agar tidak ada kebocoran.

Kalau sudah robek atau bahkan berumur maka tinggal menunggu waktu sampai kebocoran itu mengganggu sistem kerja mesin mobil.

5 dari 5 Halaman

5. Seal Busi Retak

Seal busi bisa mengalami keretakan kalau ada proses yang salah saat mengganti busi. Ketika mengganti busi, maka seal itu akan diganti juga karena terdiri dari satu paket.

Permasalahan seperti ini bisa muncul jika pemilik mobil mengganti busi dengan yang tidak sesuai rekomendasi ukuran. Alhasil kinerja busi tidak akan bisa maksimal.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR