HOME » BERITA » KETAHUI JENIS PEMASANGAN PELAPIS JOK AGAR NYAMAN

Ketahui Jenis Pemasangan Pelapis Jok Agar Nyaman

Selasa, 26 September 2017 20:45

Ketahui Jenis Pemasangan Pelapis Jok Agar Nyaman
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Menggunakan pelapis sintetis tak hanya memberikan tampilan yang menarik, namun juga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Tentunya hal tersebut tak hanya dipengaruhi oleh bahan yang digunakan, namun juga jenis pengaplikasiannya.

Menurut Edi Pamungkas selaku Web Development Manager PT Polystar International selaku pemegang merek MBtech, masih banyak konsumen yang tak mengtahui mengenai jenis tersebut. Adapun jenis pemasangan yang dimaksud adalah sarung, semi paten dan paten. Di mana ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

"Saat ini masih banyak konsumen yang tidak tahu itu (jenis pemasangan). Biasanya mereka datang ke seat maker tanpa meminta jenisnya. Begitu pula dengan seat maker, beberapa ada yang tidak menawarkan ke konsumen," jelas Edi.

Adapun untuk sarung, biasanya jenis ini yang paling sering ditawarkan oleh seat maker. Pengaplikasiannya mudah, cepat dan relatif murah. Lantaran jok tidak perlu dibongkar total dari kabin mobil dan hanya disarungkan, serta diikatkan menggunakan tali. Hal ini yang menyebabkan penampilan jok sarung kelihatan tidak rapi, menggelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan. Namun, jenis ini biasanya digunakan untuk melidungi jok kendaraan yang asli. Sehingga ketika kendaraan aka dijual kembali, jok dengan pelapis bawaan pabrik masih ada.

Paten pun menjadi jenis yang terbaik meski memang terbilang lebih mahal dan memakan waktu. Lantaran jok tak hanya dilepas dari kendaraan dan dikuliti pelapis lamanya, namun juga diukur untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Kelebihan dari paten tentu saja mampu memberikan tampilan yang berbeda dan unik, serta kenyamanan.

"Kalau sarung itu kan cuma diikat pakai tali. Risiko bergeser, atau menggelembung karena ada lapisan sebelumnya. Sedangkan paten, dia dijahit langsung ke jok. Jadi tidak bakal bergeser," jelas Edi.

Berbeda dengan semi paten, jenis ini menggabungkan antara sarung dan paten. Artinya terdapat sedikit bagian yang dijahit langsung, namun biasanya pelapis lama tak dilepas. Hal tersebut dinilai Edi tak jauh berbeda dengan jenis sarung.

Oleh karena itu, MBtech pun menghimbau kepada konsumen untuk lebih peka terhadap permasalahan tersebut. Konsumen disarankan untuk menanyakan jenis pemasagan yang dilakukan seat maker.

 (kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER