HOME » BERITA » KETAHUI PENTINGNYA FUNGSI ECO PADA MOTOR

Ketahui Pentingnya Fungsi ECO Pada Motor

Begini fungsi ECO pada motor. Simak selengkapnya!

Jum'at, 13 Mei 2022 12:30 Editor : Ahmad Muzaki
Ketahui Pentingnya Fungsi ECO Pada Motor
Ilustrasi motor Honda Scoopy (Istimewa)

OTOSIA.COM - Pada setiap motor yang beredar di pasaran Indonesia saat ini hampir semuanya dibekali dengan fitur Eco indikator. Fitur ini sangat berguna sekali bagi pengendara motor untuk memperirit konsumsi bahan bakar.

Lantas apa hanya itu fungsi Eco indikator? Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah fungsi Eco pada motor.

1 dari 3 Halaman

Fungsi Eco Pada Motor

Seperti halnya yang telah dijelaskan di atas bahwa fungsi dari fitur ini adalah untuk memperirit konsumsi bahan bakar saat motor digunakan untuk berkendara. Saat lampu indikator yang menempel pada fitur ini menyala, pertanda bahwa motor yang kalian gunakan bahan bakarnya lebih efisien. 

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa semakin terang lampu indikator menyala, maka kian efisien pula bahan bakar motor Otolovers. 

2 dari 3 Halaman

Arti Lampu Indikator Eco

Untuk mengetahui lampu indikator dari Eco, berikut merupakan tanda indikator dari varian motor Honda All New Scoopy. 

  1. Indikator Tidak Menyala

Jika indikator pada motor kalian tidak menyala, ada kemungkinan jika mesin sedang stasioner, kecepatan kurang dari 3 km/jam atau lebih dari 67 km/jam. Tidak hanya itu masalah lain juga dapat disebabkan karena indikator rusak pada saat bukaan gas terbuka terlalu tinggi.

  1. Eco Menyala Redup

Biasanya indikator akan redup saat motor digunakan dengan kecepatan antara 3 km/jam sampai 67 km/jam dengan bukaan gas sedang. Secara umum kondisi ini akan terjadi bila bukaan gas belum seimbang atau sedang ingin menambah kecepatan secara spontan.

3 dari 3 Halaman

  1. Eco Menyala Terang

Saat indikator menyala terang, pertanda bahwa motor berada pada kecepatan antara 3 km/jam hingga 67 km/jam dengan bukaan gas santai. Hal ini menunjukkan jika kondisi bahan bakar efisien. Dengan 61, 9 km/liter dan metode ECE R40 Euro II Test Mode dengan fitur Idling Stop System menyala.

Demikian, fungsi ECO pada motor yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dimanapun Otolovers berada. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR