HOME » BERITA » KETAHUI PENYEBAB DAN AKIBAT JIKA LAMPU REM MOTOR MENYALA TERUS

Ketahui Penyebab dan Akibat Jika Lampu Rem Motor Menyala Terus

Salah satu permasalah yang kerap ditemui adalah lampu rem motor menyala terus. Untuk itu, ketahui penyebab dan akibatnya di ulasan berikut ini

Minggu, 30 Agustus 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ketahui Penyebab dan Akibat Jika Lampu Rem Motor Menyala Terus
Ilustrasi lampu rem motor (Yamaha Taiwan)

OTOSIA.COM - Sepeda motor harus selalu dirawat, agar ketika digunakan tetap aman dan nyaman. Bukan hanya urusan mesin, Otolovers pun wajib memeriksa pencahayaan. Bagian tersebut cukup penting, apalagi saat malam hari.

Terkait pencahayaan, kendala yang kerap ditemui oleh pemotor adalah lampu rem yang terus menyala. Padahal tuas rem tidak dalam posisi ditekan. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan hal itu?

1 dari 2 Halaman

Melansir dari laman Federal oil, ternyata permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, karena penggunaan tuas rem secara tidak tepat. Misalnya meletakkan kaki di tuas rem dan secara tidak sadar malah sedikit menekannya.

Kondisi itu biasanya semakin diperparah jika swich rem terlalu longgar. Sehingga tuas rem tidak bekerja secara optimal. Kemudian bisa juga disebabkan oleh switch lampu rem yang kotor karena debu atau kotoran kecil lainnya yang telah menumpuk.

2 dari 2 Halaman

Jika permasalah itu terjadi di motor Otolovers, maka harus segera melakukan perbaikan. Apabila longgar dikencangkan kembali dan ketika kotor harus segera dibersihkan.

Kondisi lampu rem terus menyala tentu tidak bisa dibiarkan saja ya Otolovers. Sebab bisa membuat arus kelistrikan pada lampu korslet dan membuat bagian tersebut rusak.

Apabila lampu telah memakai LED dan permasalahan tadi dialami, jelas biaya yang dikeluarkan cukup banyak. Pasalnya harga LED mahal dan ditambah lagi ongkos servis dan pemasangan.

BERI KOMENTAR