HOME » BERITA » KETAHUI PENYEBAB DAN CARA MENGATASI REM BLONG

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Blong

Rem blong sendiri merupakan kondisi di mana rem kendaraan tidak berfungsi sama sekali. Nah, bagi pemilik kendaraan, pastikan mengetahui penyebab dan cara mengatasi kasus ini

Sabtu, 09 November 2019 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Blong
Ilustrasi pedal rem (mycardoeswhat.org)

OTOSIA.COM - Kasus rem blong pada kendaraan kerap dijumpai. Fatalnya hal itu banyak mengakibatkan kecelakaan, bahkan tak jarang korbannya sampai meninggal.

Rem blong sendiri merupakan kondisi di mana rem kendaraan tidak berfungsi sama sekali. Nah, bagi pemilik kendaraan, pastikan mengetahui penyebab dan cara mengatasi kasus ini.

Melansir dari Suzuki Indonesia, penyebab dari rem blong cukup banyak. Pertama adalah habisnya minyak rem dan piston yang telah rusak. Maka dari itu harus sering-sering mengecek kondisi minyak rem dan piston atau kanvas.

Pastikan kanvas belum aus dam biasanya penggantian piston atau kanvas ini ketika kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 km.

1 dari 3 Halaman

Selang Minyak Rem

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rem BlongSelang Minyak Rem

Sebab lainnya adalah tersumbatnya selang minyak rem. Kerap dijumpai di mobil penumpang yang memakai sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem. Karena selang berukuran kecil, pemilik kendaraan harus rutin periksa bagian ini.

2 dari 3 Halaman

Seal Piston Aus

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rem BlongSeal Piston Aus

Seal piston mengalami aus juga bisa sebabkan rem blong. Selain karena faktor usia, kualitas minyak rem juga berpengaruh. Apalagi kalau pemilik kerap membuka tabung minyak, efeknya minyak rem mudah terkontaminasi.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengganti minyak rem setiap enam bulan atau satu tahun sekali.

3 dari 3 Halaman

Cara Atasi Rem Blong

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rem BlongCara Atasi Rem Blong

Jika Otolovers mengalami rem blong saat berkendara, pertama-tama segera hidupkan lampu hazard dan bunyikan klakson. Ini bertujuan agar kendaraan di sekitar mengerti bahwa Otolovers sedang mengalami rem blong.

Usahakan tetap tenang dan cari tahu penyebabnya. Apabila rem terasa lembut, besar kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan minyak rem, kerusakan master silinder, atau masalah di kaliper rem. Nah solusinya adalah terus pompa rem untuk mengembalikan tekanannya.

Lalu, jika pedal rem terasa keras, kemungkinan karena ada yang mengganjal bagian tersebut. Cobalah cek ke bawah, apabila ada penumpang lain mintalah tolong ke mereka.

BERI KOMENTAR