HOME » BERITA » KETAHUI PROTOKOL KESEHATAN UNTUK TRANSPORTASI UMUM DI MASA NEW NORMAL

Ketahui Protokol Kesehatan untuk Transportasi Umum di Masa New Normal

Bukan hanya untuk ojol, protokol new normal juga berlaku untuk transportasi umum lainnya

Sabtu, 30 Mei 2020 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ketahui Protokol Kesehatan untuk Transportasi Umum di Masa New Normal
Pengemudi ojek online membawa barang pesanan yang akan diantar di kawasan Kenari Mas, Jakarta, Senin (13/4/2020). Walaupun regulasi pengangkutan penumpang untuk ojek online masih belum jelas, tampak sejumlah pengemudi motor ojek online lebih memilih menga

OTOSIA.COM - Indonesia tengah bersiap memasuki era new normal atau kenormalan baru. Menindaki hal itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengeluarkan aturan terkait protokol pengoperasian ojek online dan ojek pangkalan dalam aturan bernomer 440-830/2020.

"Pengoperasian ojek konvensional atau online harus tetap ditangguhkan untuk mencegah penyebaran virus melalui penggunaan helm bersama dan adanya kontak fisik langsung antara penumpang dan pengemudi," tulis Tito dalam protokol aturannya, Sabtu (30/5/2020).

Bukan hanya untuk ojol, protokol new normal juga berlaku untuk transportasi umum lainnya. Tito berpendapat bahwa transportasi tetap boleh beroperasi namun harus patuhi protokol kesehatan yang diatur.

"Juga pengelola juga diwajibkan memantau pelaksanaan antrean penumpang, tempat duduk dan mengatur jarak, setiap saat penumpang juga harus menggunakan masker hingga kebersihan sarana dan prasarana," jelas Tito.

1 dari 1 Halaman

Pembayaran Nontunai

Bukan hanya untuk urusan operasional dan penumpang, protokol tersebut juga mengatur cara pembayaran cashless atau tanpa uang tunai.

"Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan penyebaran juga pemutusan mata rantai Covid-19," Tito menandasi.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR