HOME » BERITA » KETIKA XPANDER TAHBISKAN DIRI JADI YANG TERTINGGI DI KELASNYA

Ketika Xpander Tahbiskan Diri Jadi yang Tertinggi di Kelasnya

Mitsubishi Xpander bukan sekadar low MPV, mobil keluarga ini kini telah menahbishkan diri menjadi yang tertinggi di kelasnya.

Kamis, 18 November 2021 19:00 Editor : Nazarudin Ray
Ketika Xpander Tahbiskan Diri Jadi yang Tertinggi di Kelasnya
Peluncuran New Xpander dan New Xpander Cross di GIIAS 2021 (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Bergesernya makna "low MPV" bisa dikatakan mengejutkan jika menyadari bagaimana harga-harga barunya ditampilkan. Semuanya sama-sama naik dua kali lipat bahkan lebih, andaikata kita mau membandingkannya sepuluh atau belasan tahun lalu.

Namun siapa bisa menampik, standar "low" bergeser bukan tanpa alasan. Tuntutan telah membuat pergesaran terjadi di berbagai sisi, ketika kita juga sedang berada di dalam masyarakat yang juga berubah, yang alih-alih kini diakrabkan dengan istilah Society 5.0.

Catatan Kementerian Perekonomian menyebut bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah Generasi Z dan Milenial berusia 8-39 tahun yang memiliki tingkat adopsi digital tinggi. Makin mudah informasinya, makin membubung pemahamannya.

Tidak bisa dimungkiri, kaum mayoritas ini makin sering penasaran dengan sesuatu yang di atas, yang top of the line.

"Saat membeli, kualitas merupakan sesuatu yang lebih penting bagi mereka daripada harganya," demikian hasil survei BofA Global Research mengenai kaum mayoritas ini.

Jadi ingat momen-momen antrean panjang di peluncuran sebuah produk yang dianggap terbaik? Ingat berapa harga barangnya? Ingat serela apa mereka antre berhimpit-himpit di sana? Demi apa?

New Xpander, low MPV tertinggi di kelasnya

Membahas dunia otomotif, demikian pulalah yang terjadi. Kalau dulu rem ABS dan airbag adalah barang di mobil mewah dan bikin penasaran, kini itu semua mulai biasa saja karena ada di low MPV.

Bahkan, fitur rem otomatis agar mobil tidak meluncur mundur di tanjakan makin lazim dan tersedia pula di low MPV seperti Xpander--asal tahu fungsinya, tentu tenang-tenang saja saat di tanjakan.

1 dari 2 Halaman

New Xpander

Aspek-aspek "top of the line" di sebuah low MPV juga yang bisa ditemukan di suguhan terbaru untuk Xpander, yakni di New Xpander dan New Xpander Cross.

Satu contoh menyenangkan bagi Gen Z di dua mobil facelift ini adalah keterhubungan smartphone ke layar multimedia yang kini berukuran 8 inci (New Xpander) bahkan 9 inci (New Xpander Cross) sambil didukung tampilan baru dasbor yang simpel (New Horizontal Axis Design Dashboard) tetapi lembut di permukaan. Plus colokan-colokan USB, termasuk yang baru di area belakang.

Rem parkir enteng Electric Parking Brake dan Brake Auto Hold ala mobil mewah (khusus tipe CVT dan Premium) adalah satu unsur baru memasukkan unsur dari "high" ke dalam yang "low". Sebab, rem parkir cukup ditarik satu jari.

Lalu dengan Brake Auto Hold, kita cukup rem yang dalam supaya roda terkunci. Kemudian, gas saja jika ingin tuntaskan Brake Auto Hold. Efeknya, berkendara pun jadi santai saat kondisi stop & go di kemacetan. Tak usah repot-repot pindah tuas. Tak usah repot-repot tahan kaki di pedal rem.

Presiden Joko Widodo ikut penasaran dengan kabin New Xpander (MMKSI)

Transmisi otomatis konvensional di tipe lama pun dicopot dan diganti ke CVT agar tak repot ganti oli saat perawatan, dan efeknya akrab dengan perkotaan karena perubahan percepatannya yang mulus. Perawatan sendiri sudah jadi pionir bagi Mitsubishi untuk membuatnya sekali beli lalu gratis servis dan jasa sehingga cukup isi BBM dan gas.

Kini bicara soal penampilan. Mungkin semua juga menyadari bahwa satu sama lain sedang berlomba-lomba mengubah wajahnya untuk memuaskan nilai estetis--sebuah langkah jitu Xpander di penampilan perdananya, seiring data penjualan hampir 200.000 unit dalam periode kemunculan tersebut sehingga bolak-balik membuatnya berdiri di podium mobil terlaris, menerobos dominasi.

Karena facelift, lantas perubahan kini terjadi di desain bumper, lampu depan-belakang T-shape, sil pemanis samping, hingga velg 17 inci two-tone (khusus tipe Ultimate).

 

2 dari 2 Halaman

Suguhan kabin

Masuk ke kabin, aksen desain berubah pula, sementara dasbor dibuat lebih simpel--mungkin membangun kesan yang lebih nyaman selama di jalan, cluster meter juga baru, desain kursi, panel-panel, armrest dengan tempat gelas, sampai dengan setir baru berikut tombol-tombolnya.

Paket keamanan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, ABS-EBD dengan BA ditambahkan dengan pengunci pintu otomatis saat mobil menunujukkan lajunya (tipe Exceed, Sport dan Ultimate).

Makin banyak saja poin "high" di mobil "low" ini. Pada akhirnya kita bisa menyimak bagaimana Xpander mencoba menjadi yang tertinggi di antara deretan suguhan low MPV.

Xpander menemani setiap petualangan hidup penggunanya

Dengan perubahan masyarakat dan permintaannya akan kualitas dan rasa penasaran akan yang top of the line, ini memperjelas posisi New Xpander dan New Xpander Cross yang diklaim memang berdasarkan riset.

"Kami setiap mengeluarkan produk selalu melakukan penelitian dan segmentasi produk. Ini produk yang sangat matang sehingga konsumen dapat kendaraan yang memenuhi harapan mereka. Xpander baru dengan fitur-fitur terbaik di kelasnya," ujar Tetsuhiro Tsuchida, Director Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Satu lagi yang disematkan di New Xpander dan New Xpander Cross adalah suspensi dengan penguatan poros dan shock absorber setelan baru yang juga diambil dari Pajero demi maksimalisasi kestabilan.

Di sini, Mitsubishi secara bersamaan tetap mempertahankan posisinya sebagai low MPV tertinggi. Sebab, ia mengemban predikat low MPV terjangkung--dengan jarak bodi ke tanah 22 cm.

Pada akhirnya adalah penahbisan total, kiasan maupun harfiah, bahwa Xpander adalah low MPV tertinggi di kelasnya, sekaligus menegaskan bahwa Xpander adalah partner yang dapat diandalkan dan menemani setiap petualangan hidup para penggunannya, "Be the Life Xpander".

 
BERI KOMENTAR