HOME » BERITA » TAK PERLU KHAWATIR, MOBIL SUZUKI KELUARAN 2021 SUDAH DILENGKAPI APAR

Tak Perlu Khawatir, Mobil Suzuki Keluaran 2021 Sudah Dilengkapi APAR

Merespon aturan wajib menyediakan Alat pemadam api ringan (APAR), Suzuki akan melengkapi semua model 2021 dengan alat pemadam tersebut.

Senin, 18 Januari 2021 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Tak Perlu Khawatir, Mobil Suzuki Keluaran 2021 Sudah Dilengkapi APAR
Suzuki Jimny akan dilengkapi APAR (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Mersepon aturan pemerintah yang mewajibkan produsen untuk melengkapi kendaraan barunya dengan Alat pemadam api ringan (APAR), PT Suzuki Indomobil memastikan bahwa mobil produksi 2021 sudah dilengkapi dengan APAR.

Penambahan APAR dalam mobil meliputi semua model yang diproduksi dan dijual di dalam negeri di antaranya Ertiga, XL7, New Carry, dan APV, serta mobil impor seperti Suzuki Jimny, Baleno, Ignis dan SX4.

"Yang pasti kita comply dengan peraturan pemerintah ya. Jadi APAR akan tersedia di kendaraan Suzuki 2021. Vin code 2021 ya," ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales saat dikonfirmasi Otosia.com, Senin (18/1).

1 dari 2 Halaman

Harold belum bisa menjelaskan lebih jauh, perbedaan jenis APAR yang diberikan pada masing-masing model, termasuk tutup mulut soal nilai harga tambahan terhadap produk yang sudah dilengkapi APAR.

"Penentuan APAR-nya jenis apa dan bagaimana, kan memang dikembalikan ke masing-masing APM ya, sesuai dengan regulasi pemerintah. Detail model dan sebagainya, nanti berbarengan dengan info harganya ya," tukas Harold.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah mewajibkan produsen otomotif untuk menyediakan Alat pemadam api ringan (APAR) pada mobil-mobil keluaran terbaru. Sebenarnya aturan ini telah terbit pada tahun 2020 lalu, namun kembali ditegaskan di awal tahun ini.

 

 

2 dari 2 Halaman

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020.

Pasal Pasal 2 Ayat 2 dalam aturan tersebut menyebutkan, "Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan."

BERI KOMENTAR