HOME » BERITA » KHAWATIR SENSOR MOBIL MULAI RUSAK, INI CARA MENGETAHUINYA

Khawatir Sensor Mobil Mulai Rusak, Ini Cara Mengetahuinya

Simak beberapa cara mudah untuk mengetahui kerusakan sensor yang terdapat di mobil.

Kamis, 30 Mei 2019 09:15 Editor : Cornelius Candra
Mesin mobil (Autoevolution.com)

OTOSIA.COM - Seiring berkembangnya teknologi, mobil-mobil baru yang beredar di pasaran saat ini memiliki beragam sensor. Hal ini memunculkan kecemasan tersendiri bagi para penggunanya setelah pemakian beberapa tahun.

Namun, pemilik kendaraan tidak usah khawatir mengenai kapan saatnya sensor-sensor pada mobil mengalami penurunan kemampuan alias mulai rusak. Mengutip dari Liputan6.com, kami berikan tips-tips sebagai berikut:

1. Mobil sekarang pada umumnya sudah injeksi dan semuanya dikontrol oleh komputer alias ECU.

2. Terdapat sistem diagnosis (mendeteksi sendiri) pada sistem ECU ketika terjadi penurunan kemampuan/kerusakan pada suatu sensor dan tersimpan di internal sistem ECU.

3. Deteksi dini terkait kerusakan sensor-sensor dapat dirasakan dan dilihat oleh pemilik kendaraan, seperti yang disebutkan pada pertanyaan, kadang mesin tersendat, batuk-batuk, tidak bertenaga, putaran stasioner tidak stabil, dan sebagainya.

4. Biasanya lampu Check Engine (warna kuning) pada combination meter/dashboard menyala ketika ada suatu sensor yang mengalami masalah.

5. Nah, bila mengalami gejala yang timbul dan/atau lampu Check Engine menyala, segera membawa kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang tentunya mempunyai alat scanner/inteligent tester untuk mendeteksi sensor yang rusak kemudian diperbaiki/diganti dengan yang baru.

6. Bisa juga mengunjungi bengkel terdekat untuk memeriksakan dan menemukan solusi dari masalah yang dialami.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR