HOME » BERITA » KHAWATIR STOK ONDERDIL MOBIL CINA, INI JAWABAN DFSK

Khawatir Stok Onderdil Mobil Cina, Ini Jawaban DFSK

DFSK angkat bicara terkait kekhawatiran konsumen pada ketersediaan suku cadang mobil Cina.

Minggu, 05 Mei 2019 12:45 Editor : Cornelius Candra
DFSK (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Jaringan dan layanan after sales termasuk suku cadang menjadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli sebuah kendaraan selain model dan kualitas.

Selain produsen otormotif Jepang, Amerika dan Eropa, merek asal Tiongkok juga mencari peruntungan di pasar otomotif Indonesia yang menjadi paling gemuk di kawasan Asia Tenggara.

Namun rasa khawatir kerap menghantui sebagian konsumen jika membeli merek di luar Jepang, khususnya menyangkut ketersedian dan kemudahan onderdil paska pembelian mobil.

Rasa takut tentang hal ini kemudian dicoba ditepis oleh DFSK. Produsen mobil asal Cina ini menyatakan bahwa layanan purna jual menjadi salah satu poin utama DFSK melakukan pengembangan bisnis di Indonesia.

Mulai dari jumlah dealer yang tersebar di berbagai daerah, mekanik yang sudah terstandar global DFSK, sampai kepada jaminan suku cadang untuk kepastikan perbaikan berbagai masalah di kendaraan.

"Kami memastikan bahwa setiap jaringan DFSK sudah dilengkapi dengan ruang penyimpanan suku cadang. Sehingga konsumen yang ingin melakukan perbaikan bisa segera mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan dan kendaraan bisa segera digunakan sedia kala. Setiap mobil yang bermasalah, akan langsung dianalisa mekanik. Kemudian nanti mekanik akan menentukan apakah ini termasuk kedalam penggantian regular atau emergency order," kata Sugihartono, Product technology of Training Team PT Sokonindo Automobile.

Menurut Sugihartono, ketersediaan suku cadang menjadi salah satu ukuran sebuah pelayanan purna jual, pihak DFSK menjamin kepastian mendapatkan suku cadang. Dengan demikian, katanya, berbagai macam kerusakan yang ada bisa segera bisa diatasi, dan kendaraan bisa segera digunakan secara optimal oleh pemiliknya.

"Untuk penggantian regular order, suku cadang akan tersedia dalam 3x24 jam. Sedangkan untuk emergency order, penggantian maksimal 1x24 untuk suku cadang bersifat slow moving," ungkap Sugihartono

Sampai saat DFSK sudah memiliki 50 jaringan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mayoritas standar 3S (sales, servis, dan suku cadang).

Selain standar 3S dealer, DFSK juga memiliki gudang khusus sparepart di Pabrik yang terletak di Cikande Serang Banten. Hal ini ditujukan demi kelancaran distribusi suku cadang sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk proses penggantian.

DFSK berencana menambah 40 jaringan diberbagai kota di Indonesia. Dealer-dealer tersebut berstatus 3S.

"Kami memastikan bahwa mereka (konsumen) akan mendapatkan pelayanan terbaik berstandar layanan global. Dan seluruh dealer kami sudah menyediakan suku cadang yang bersifat fast moving seperti kampas rem, busi, oli, dan beberapa suku cadang lainnya. Begitupun untuk suku cadang bersifat slow moving seperti komponen internal mesin dan transmisi, body panel dan kaca juga tersedia di gudang dealer," tutupnya.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR