HOME » BERITA » KIA BOYONG 2 SELTOS BARU DI GIIAS 2021, APA SAJA PERBEDAANNYA?

KIA Boyong 2 Seltos Baru di GIIAS 2021, Apa Saja Perbedaannya?

KIA hadirkan dua Seltos baru, yakni GT Line dan CRDi. Kedua mobil itu melengkapi lineup Seltos dari segi varian dan mesin.

Rabu, 17 November 2021 15:15 Editor : Arendra Pranayaditya
KIA Boyong 2 Seltos Baru di GIIAS 2021, Apa Saja Perbedaannya?
KIA Seltos CRDi dan KIA Seltos GT Line (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Kreta Indo Artha (KIA) belum lama ini meluncurkan tiga produk terbarunya, yakni KIA Grand Carnival, KIA Seltos GT Line, dan KIA Seltos GT Line. Yang menarik, dua produk terakhir tidak menerima acara launching tersendiri seperti Grand Carnival.

Meski demikian, kedua mobil itu hadir sebagai pelengkap line up KIA Seltos, dari sisi pilihan dapur pacu dan segi varian. Lantaran kedua mobil itu sama-sama berada dalam keluarga yang sama, apa saja perbedaan di antaranya?

1 dari 5 Halaman

KIA Seltos GT Line

 

Interior KIA Seltos GT Line (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

KIA Seltos GT Line diposisikan di atas KIA Seltos EX+, varian termahal sebelumnya. Mobil itu mendapat beragam perbedaan, mulai dari eksterior hingga interiornya.

Dari sisi eksterior, perubahan pada varian GT Line cukup sederhana. KIA menyematkan aksesori bumper depan baru dan beberapa aksen-aksen merah di sekujur tubuhnya, seperti pada bagian kaliper rem depan, bumper depan dan belakang, serta di pintu samping.

2 dari 5 Halaman

Sebaliknya perubahan pada bagian interiornya cukup mumpuni. Dibanding Seltos EX+, GT Line dilengkapi jok kulit berbeda dengan embos "GT Line", ventilasi pendingin jok depan, panel-panel soft touch yang absen di model Seltos lainnya, emblem "GT Line" di setir yang disertakan paddle shift, spion tengah auto dimming, jok depan elektrik, ambient mood lighting di speaker depan, serta Head Up Display (HUD).

Untuk dapur pacu, Seltos GT Line masih mengusung dapur pacu yang sama dengan model lainnya, kecuali CRDi. Mobil tersebut dipersenjatai mesin Kappa 1.400cc Turbo dengan semburan tenaga 140 PS dan torsi 242 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 7 percepatan.

3 dari 5 Halaman

KIA Seltos CRDi

 

KIA Seltos CRDi (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara KIA Seltos CRDi kurang lebih mempunyai spek yang sama dengan KIA Seltos model EX+. Artinya mobil tersebut sudah dilengkapi sunroofwireless charginghead unit 8 inci, speedometer dengan MID 7 inci, dan masih banyak lagi.

Namun, model ini tidak selengkap GT Line di atas. Fitur seperti ventilasi pendingin jok depan, HUD, ambient mood lightingpaddle shift, spion tengah auto dimming, tidak ada embel-embel "GT Line", serta jok elektrik tidak ditemukan pada versi CRDi.

 

4 dari 5 Halaman

Perbedaan utama pada varian ini berada pada dapur pacunya. KIA Seltos CRDi mengusung mesin U2 1.500cc diesel CRDi dengan teknologi e-Variable Geometry Turbo (VGT). Tenaga yang dihasilkan sebesar 115 PS dan torsi maksimal mencapai 250 Nm.

Menariknya, transmisi pada mesin ini berbeda dengan versi bensin. Khusus pada Seltos CRDi, KIA menyematkan transmisi otomatis 6 percepatan biasa dengan torque converter yang lebih konvensional.

 

5 dari 5 Halaman

Harga

Berikut rincian harga KIA Seltos per November 2021:

KIA Seltos

Harga

Seltos E

Rp 310.800.000

Seltos EX

Rp 337.200.000

Seltos EX+

Rp 374.000.000

Seltos GT Line

Rp 415.000.000

Seltos CRDi

Rp 389.000.000

BERI KOMENTAR