HOME » BERITA » KIA BOYONG MPV CARNIVAL TERBARU DI GIIAS 2021

KIA Boyong MPV Carnival Terbaru di GIIAS 2021

Penerus KIA Grand Sedona, KIA Carnival, muncul di situs resmi KIA Indonesia. Begini rincian mobil tersebut.

Rabu, 10 November 2021 15:15 Editor : Arendra Pranayaditya
KIA Boyong MPV Carnival Terbaru di GIIAS 2021
KIA Carnival (kia.com/id)

OTOSIA.COM - Setelah vakum satu tahun, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 akan kembali hadir. Pameran tersebut diselenggarakan di ICE BSD City, Tangerang, tanggal 11-21 November 2021 besok.

Saat ini ada beberapa brand yang sudah ancang-ancang merilis mobil baru di GIIAS, di antaranya Honda, Lexus, Wuling, Morris Garage (MG), serta KIA.

Merek terakhir sudah memberi bocoran. KIA digadang-gadang akan menghadirkan KIA Carnival terbaru di GIIAS 2021. Pada situs mereka, mobil ini sudah ditampilkan secara utuh.

1 dari 4 Halaman

KIA Carnival

Interior KIA Carnival (kia.com/id)

Berdasarkan situs resmi KIA Indonesia kia.com/id, MPV tersebut terlihat mejeng di antara produk-produk KIA lainnya. Bahkan brosur mobil itu sudah tersedia untuk diunduh.

KIA Carnival diposisikan sebagai pengganti Grand Sedona di luar Indonesia. Mobil tersebut telah mengaspal di Korea Selatan sekitar bulan September atau Oktober 2020. Sementara untuk pasar global mobil tersebut dijual pada awal tahun 2021.

2 dari 4 Halaman

Secara global, KIA Carnival tersedia dengan dua konfigurasi tempat duduk. Pertama adalah 11 penumpang pada tipe-tipe bawah, lalu kedua adalah 7 penumpang yang diposisikan lebih tinggi dan menggunakan kursi captain seat di baris kedua.

Untuk Indonesia, KIA Carnival diprediksi akan mengusung konfigurasi 11 penumpang, seperti Grand Sedona yang dijual saat ini. Hal tersebut dijelaskan dalam brosur di mana kursi belakang hanya bisa sliding serta reclining dan tidak tertulis 'captain seat'.

3 dari 4 Halaman

Fitur komplet

Fitur keselamatan KIA Carnival Premiere (kia.com/id)

Meski kursi belakang tidak semewah versi luar negeri, fitur KIA Carnival di Indonesia masih tergolong mumpuni. Sebagai contoh, pada model Dynamic dan Premiere, sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, dual sunroof, speedometer digital, AC tri-zone climate controlpower tailgate,7 airbags, ABS, EBD, dan sebagainya.

Khusus tipe Premiere, Carnival lebih komplet dengan adanya sistem audio buatan BOSE dengan 12 speaker, head unit dan speedometer berukuran 12.3 inci, kamera 360, lampu kabin LED, dan wiper otomatis.

Selain itu, versi Premiere juga disematkan Advanced Driving System (ADAS) yang mencakup berbagai peranti keselamatan, seperti Lane Keep Assist (LKA), Smart Cruise Control (SCC), Blind View Monitor (BVM), Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BSA), Lane Following Assist (LFA), serta Forward Collision -Avoidance Assist (FCA + Junction Turning).

4 dari 4 Halaman

Mesin dan harga

Fitur-fitur KIA Carnival (kia.com/id)

KIA Carnival menawarkan satu pilihan mesin 2.200cc CRDi Smartstream. Dapur pacunya menghasilkan output 202 PS dengan torsi 441 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

KIA belum mengumumkan harga resmi. Namun pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) MPV tersebut tertulis Rp 449 juta. Sebagai gambaran, KIA Grand Sedona saat ini dijual mulai dari Rp 656,7 juta.

Untuk saat ini, belum diketahui apakah KIA Carnival akan menggantikan Grand Sedona atau dijual bersamaan, lantaran kehadiran Carnival di situs tersebut tidak menghilangkan Grand Sedona.

BERI KOMENTAR