HOME » BERITA » KIA DAN HYUNDAI KOMPAK RECALL 500 RIBU UNIT MOBIL DI AMERIKA, INDONESIA JUGA?

Kia dan Hyundai Kompak Recall 500 Ribu Unit Mobil di Amerika, Indonesia Juga?

Kia dan Hyundai baru saja mengumumkan bahwa mereka ‘kompak’ melakukan pemanggilan terhadap setengah juta kendaraan di Amerika Serikat. Penarikan tersebut disebabkan oleh adanya resiko kebakaran pada ruang mesin yaitu Kia Soul, Kia Sportage dan Hyundai Tucson.

Senin, 04 Maret 2019 21:45 Editor : Ahmad Muzaki
Kia Sportage (Carscoops)

OTOSIA.COM - Kia dan Hyundai baru saja mengumumkan bahwa mereka €˜kompak€™ melakukan pemanggilan terhadap setengah juta kendaraan di Amerika Serikat. Penarikan tersebut disebabkan oleh adanya resiko kebakaran pada ruang mesin yaitu Kia Soul, Kia Sportage dan Hyundai Tucson.

Dilansir dari Carscoops, Komite Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA) menjelaskan, bahwa potensi kebakaran tersebut disebabkan adanya suhu gas buang yang cukup tinggi pada mesin Kia yang berkapasitas 1.6 liter milik Kia Soul. Suhu gas buang yang tinggi dapat memungkinkan beberapa partikel masuk ke ruang bakar dan dapat membuat pembakaran mesin menjadi tidak normal.

Jika pembakaran yang tidak normal tersebut terus dibiarkan, maka dapat berakibat blok mesin patah dan menimbulkan kebocoran oli yang berpotensi meningkatkan resiko kebakaran. Nantinya, pihak teknisi akan melakukan perbaikan dan meng-update perangkat lunak ECU tersebut. Selain itu, juga akan dilakukan pergantian terhadap Catylitic Converter yang berpotensi rusak.

Sementara untuk Kia Sportage dan Hyundai Tucson, pemanggilan tersebut disebabkan adanya potensi kebocoran oli mesin yang dipicu oleh selang penutup yang tidak terpasang sempurna saat proses perakitan. Jika, kerusakan terus dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka akan menyebabkan mesin menjadi rusak dan meningkatkan resiko kebakaran di ruang mesin.

Sayangnya, pihak pabrikan belum menjelaskan secara detail terkait perbaikan apa yang akan dilakukan terhadap kerusakan ini. Namun, kemungkinan besar perbaikan akan meliputi penggantian dan pengelasan terhadap karter oli. Untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan tersebut, pihak Kia dan Hyundai juga akan memberikan peningkatan terhadap ECU dari 3,7 juta kendaraan yang dipanggil kembali tersebut.

Dalam permasalahan ini, pihak Kia dan Hyundai akan memanggil kembali 378 ribu unit Kia Soul produksi 2012 hingga 2016, serta 155 ribu unit Hyundai Tucson produksi 2011-2013 dan Kia Sportage produksi 2011-2012. Untuk setiap model yang sebutkan tersebut, pihak pabrikan akan melakukan pemanggilan secara terpisah.

Sementara itu, belum ada konfirmasi apakah untuk unit Kia Sportage atau Hyundai Tucson di Indonesia berpotensi mengalami hal serupa atau tidak.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR