HOME » BERITA » KIA SELTOS LAWAN HONDA HR-V SIAPA YANG UNGGUL?

KIA Seltos Lawan Honda HR-V Siapa yang Unggul?

Simak perbandingan fitur, performa, dan harga antara Honda HR-V dan pesaing barunya, KIA Seltos.

Senin, 20 Januari 2020 15:15 Editor : Cornelius Candra
KIA Seltos Lawan Honda HR-V Siapa yang Unggul?
KIA Seltos (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Hari ini (20/1), PT Kreta Indo Artha (KIA) akhirnya resmi merilis KIA Seltos. Di Indonesia, mobil itu masuk ke kelas SUV compact dan harus berhadapan dengan penguasa pasar, Honda HR-V.

Soal selera, kami kembalikan ke selera Otolovers. Yang jelas, baik KIA Seltos maupun Honda HR-V sama-sama mengusung konsep modern sporty, layaknya mobil kekinian.

1 dari 4 Halaman

KIA Seltos

Di segi fitur, KIA Seltos bisa dibilang sedikit lebih unggul. Pasalnya, mobil SUV ini memiliki Drive Mode Select. Dengan teknologi itu, pengemudi dapat mengadaptasikan mobil sesuai gaya berkendara, kebutuhan dan kondisi jalan.

Total, ada 6 mode berkendara yang bisa dipilih. Pertama ialah Eco untuk menghemat konsumsi bahan bakar, kemudian Sport guna meningkatkan respon mesin dan memberi rasa berkendara yang lebih agresif. Serta mode Normal yang merupakan keseimbangan antara keduanya.

2 dari 4 Halaman

KIA Seltos

Masih ada mode Mud serta Snow, dan Sand. Sebenarnya, ketiganya sama-sama berfungsi mencegah terjadinya selip pada ban ketika berakselerasi atau pun melaju secara konstan di area yang licin dengan mengatur torsi yang  dikeluarkan, namun dapat dipilih tergantung kondisi jalan.

Selain itu, KIA Seltos dilengkapi head-unit touchscreen 10,25 inci, lebih besar dibanding milik Honda HR-V yang hanya 8 inci. Namun, keduanya sudah dapat terhubung dengan smartphone, baik melalui Bluetooth maupun aplikasi.

3 dari 4 Halaman

Honda HR-V

Meski demikian, Honda HR-V memiliki mesin yang lebih bervariasi. Mobil ini hadir dalam pilihan 4-silinder inline 1.500 cc naturally-aspirated (NA) 120 ps/ 139 Nm dan 1.800 NA 139 ps/ 169 Nm.

Sementara itu, KIA Seltos mengandalkan mesin 4-silinder inline 1.400 cc turbocharger. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 ps dan torsi 242 Nm, lebih tinggi dibanding Honda HR-V.

4 dari 4 Halaman

Honda HR-V

Jika harga murah merupakan keunggulan, lagi-lagi pemenangnya ialah KIA Seltos. Mobil SUV ini memiliki 3 varian dan dibanderol Rp295 juta untuk tipe terendahnya serta yang tertinggi mencapai Rp320 juta.

Berdasarkan situs resmi PT Honda Prospect Motor (HPM), Honda HR-V hadir dalam 5 varian. Tipe terendahnya dijual dengan harga Rp297 juta dan Rp415,7 juta untuk yang tertinggi (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR