HOME » BERITA » KIAT MERAWAT CAT MOBIL SAAT MUSIM PANCAROBA

Kiat Merawat Cat Mobil Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba dapat membuat cat mobil kusam dan rusak. Ada beberapa hal yang harus dihindari untuk mempertahankan kilau cat mobil.

Jum'at, 12 Juni 2020 19:15 Editor : Nazarudin Ray
Kiat Merawat Cat Mobil Saat Musim Pancaroba
Ilustrasi kilau cat mobil (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Kondisi cuaca saat ini terbilang tidak menentu. Dari hujan lalu berubah tiba-tiba menjadi panas dengan terik menyengat, sehingga sulit ditebak.

Nah di musim pancaroba seperti ini, ada baiknya Anda memperhatikan kembali mobil kesayangan, terutama catnya. Jika tidak diperhatikan, cat mobil bisa menjadi kusam dan rusak.

Lantas bagaimana cara merawat yang sesuai agar bodi mobil selalu prima? Berikut Asuransi Astra merangkumnya

1 dari 5 Halaman

Mencuci setelah terkena air hujan

Cucilah mobil Anda setelah terkena hujan. Pasalnya di kota-kota besar, terutama Jakarta, air hujan yang turun mengandung asam. Jika dibarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil. 

Karena itu segeralah cuci mobil dan di lap sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur. Anda tidak perlu mencucinya dengan sabun. Cukup bilas dengan air bersih untuk menghilangkan air hujan dari bodi mobil.

 

2 dari 5 Halaman

Tidak dianjurkan menutup dengan sarung mobil

Banyak pemilik kendaraan yang beranggapan bahwa menutup mobil dengan sarung aka membuat cat menjadi tetap awet dan mengkilap. Tapi pada kenyataannya ini tidak disarankan karena dengan menutup bodi mobil dengan sarung mobil pada malam hari atau saat hujan dapat membuat permukaan bodi mobil menjadi lembab sehingga menjadi lebih mudah berjamur.

Begitu juga pada saat panas, debu yang menempel pada permukaan mobil dan terkena angin akan menjadi lebih susah dihilangkan.

 

3 dari 5 Halaman

Hindari sinar matahari langsung

Mobil sebisa mungkin tidak terkena sinar matahari langsung. Pasalnya sinar matahari bisa mengurangi kadar warna pada cat mobil. Karena itu, disarankan sebaiknya mobil jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung agar warna cat mobil menjadi lebih tahan lama serta tetap mengkilap.

 

4 dari 5 Halaman

Hindari embun malam

Bukan cuma tubuh yang bisa sakit jika terlalu sering menyerap embun malam, tetapi begitu juga dengan cat mobil Anda. Sama seperti hujan, embun malam juga mengandung zat asam yang terkandung pada air hujan. Oleh karena itu, lebih baik simpan mobil Anda di tempat tertutup seperti garasi.

 

 

5 dari 5 Halaman

Gunakan wax seperlunya

Jika ingin memoles mobil Anda, disarankan menggunakan wak tidak berlebihan, karena pemakaian wax yang terlalu berlebihan dan sering dapat membuat cat mobil Anda terkikis. Jadi, gunakan wax seperlunya agar cat mobil Anda tetap mengkilap dan awet lebih lama.

BERI KOMENTAR