HOME » BERITA » KIRIM SAYUR MALANG-SURABAYA JADI LANCAR, PEDAGANG SAYUR ANDALKAN MITSUBISHI COLT L300

Kirim Sayur Malang-Surabaya Jadi Lancar, Pedagang Sayur Andalkan Mitsubishi Colt L300

Begini kisah lengkapnya.

Jum'at, 10 September 2021 08:00 Editor : Iwan Tantomi
Credit: Mitsubishi Motors Indonesia

OTOSIA.COM - Di masa sekarang pergerakan bisnis tak hanya berlangsung dalam satu wilayah saja. Demi memasarkan produk usaha, berkirim barang ke luar daerah pun perlu dilakukan. Apalagi jika sudah menemukan market yang lebih pasti di wilayah tersebut, jadi bolak-balik berkirim barang antar kota rasanya tak akan jadi masalah.

Hanya saja untuk menunjang kelancaran pengiriman produk usaha ini, tentu perlu transportasi tangguh yang sanggup menempuh segala medan dan jarak yang jauh. Hal inilah yang dirasakan oleh Dwi Zain Musofa (30 tahun). Pedagang sayur asal Desa Belung, Poncokusumo, Kabupaten Malang ini mengaku sering bolak-balik Malang-Surabaya untuk berkirim sayur.

Andalkan Mitsubishi Colt L300

Credit: Mitsubishi Motors Indonesia

Demi kelangsungan sekaligus kelancaran bisnisnya, Zain tak sembarang pilih angkutan untuk berkirim sayur ke Surabaya dari Malang. Ia menjatuhkan pilihan pada Mitsubishi Colt L300. Bukan tanpa alasan kenapa ia memilihnya, tetapi karena kendaraan tersebut diakuinya punya mesin bandel dan tenaga badak.

"Saya pakai Mitsubishi Colt L300 sejak 2006. Selama itu, yang saya rasakan kendaraan ini punya mesin yang bandel dan tenaga badak, bahkan menjadi torsi terbaik di kelas saat itu, makanya saya andalkan untuk berkirim sayur dari Malang ke Surabaya," ungkap Zain kepada tim Otosia.com pada Rabu (9/8).

Biaya Operasional Rendah

Credit: Mitsubishi Motors Indonesia

Tak hanya itu, Zain menambahkan jika enaknya menggunakan Mitsubishi Colt L300 biaya operasionalnya termasuk rendah. Dari sisi bahan bakar juga irit, karena menggunakan solar. Hal ini sangat menguntungkan bagi pedagang sayur seperti dirinya yang butuh mobil dengan performa andal tapi irit pengeluaran.

"Di masa itu, Mitsubishi Colt L300 bahkan steer by power tangan, belum ada versi power steering seperti sekarang. Tapi, saya sudah sangat terbantu dengan kehadiran mobil satu ini. Bahkan, secara kapasitas muatan, mobil ini sanggup untuk mengirim sayur seberat 2,5 ton lebih dari Malang ke Surabaya, tanpa perlu banyak perawatan di bengkel. Paling hanya ganti ban, kalau sektor mesin, paling ganti filter oli dan filter solar tiap bulan. Jarang sampai mengalami servis besar, dan baru benar-benar turun mesin setelah pemakaian 5 tahun lamanya, bukan karena rusak ya," jelasnya.

Rekomendasi Terbaik untuk Kelancaran Usaha

Menariknya, petani sayur muda ini juga tak ragu merekomendasikan Mitsubishi Colt L300 kepada pedagang seperti dirinya, atau pengusaha lain yang membutuhkan mobil tangguh untuk berkirim barang antar kota.

"Dibandingkan beberapa kendaraan sejenis yang pernah saya gunakan, Mitsubishi Colt L300 ini masih cocok direkomendasikan untuk menunjang kelancaran usaha, khususnya untuk para pedagang sayur. Selain karena tenaga mesin, keandalan mesin, juga kapasitas muatannya banyak. Bukan hanya mesinnya yang bandel, biaya operasional dan servisnya juga terjangkau," pungkas Zain.

Zain pun tak salah dengan rekomendasinya, karena kenyataannya Mitsubishi Colt L300 menjadi jagoan Mitsubishi Motors Indonesia untuk segmen small pickup. Kendaraan yang punya kapasitas besar dengan ukuran bak 2.430mm x 1.600mm x 300mm ini bahkan terjual hingga 700 ribu unit pada 2019. Berkat tenaga dan torsi mesin yang kuat, Mitsubishi Colt L300 terlah teruji di berbagai medan, termasuk di Indonesia.

Terlebih menurut data dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Juli 2021, volume penjualan Mitsubishi Colt L300 mencapai 2.0666 unit. Itu artinya, Mitsubishi Colt L300 mampu menyumbang total penjualan terbesar kedua bagi Mitsubishi sebesar 22,6%. Inilah kenapa mobil ini kerap jadi andalan para pengusaha, bahkan di area Jawa Barat dan Jawa Tengah penjualan Mitsubishi Colt L300 mampu memimpin pasar pickup.

Credit: Mitsubishi Motors Indonesia

Kesuksesan penjualan Mitsubishi Colt L300 ini pun turut dibenarkan oleh Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing Division MMKSI, "Pada Juli tahun ini, Mitsubishi Colt L300 mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin segmen small pickup 4x2 dengan pangsa pasar lebih 66%."

Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Colt L300 pertama kali resmi masuk pasar Indonesia pada 1981, atau dua tahun berselang sejak dikenalkan pertama kali di Jepang pada 1979. Mulanya, Mitsubishi Colt L300 hadir dengan varian mesin bensin 1,4 liter, tetapi pada 1984 varian mesin diesel 2,3 liter dikenalkan. Varian terbaru tersebut memiliki tenaga 65 ps di 4.200 rpm dengan torsi 137 Nm pada 2.000 rpm, sehingga lebih powerful dari pada varian pertama.

Seiring berlalunya waktu, Mitsubishi Colt L300 diesel semakin menjadi primadona bagi para pengusaha. Lebih-lebih setelah penjualan L300 versin bensin resmi dihentikan oleh Mitsubishi Motors pada 2000. Sejak saat itu, banyak pengusaha-pengusaha yang sukses membangun bisnis seperti Zain lain di berbagai daerah, berkat kehadiran Mitsubishi Colt L300 ini. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Mitsubishi Colt L300 di sini.

(kly/tmi)