HOME » BERITA » KISAH GADIS 24 TAHUN JADI SOPIR TRUK TANGKI BBM, MENGAKU SUKA TANTANGAN

Kisah Gadis 24 Tahun Jadi Sopir Truk Tangki BBM, Mengaku Suka Tantangan

Gadis 24 tahun ini punya ambisi besar setelah berpengalaman mengendarai truk tangki BBM

Senin, 21 Juni 2021 12:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kisah Gadis 24 Tahun Jadi Sopir Truk Tangki BBM, Mengaku Suka Tantangan
Gadis sopir truk tangki BBM (Cartoq)

OTOSIA.COM - Sopir kendaraan berat, seperti bus hingga truk biasanya dilakukan oleh pria. Namun kini secara perlahan profesi ini mulai dilirik wanita, termasuk dari kalangan muda.

Hal itulah yang dilakukan oleh gadis berusia 24 tahun asal Kerala, India. Gadis bernama Delisha Davis itu menjadi sopir truk tangki bahan bakar minyak (BBM).

1 dari 4 Halaman

Melansir Cartoq, Delisha Davis merupakan mahasiswa MCom dan ia sendiri sudah tertarik mengemudi sejak dini. Setelah ia belajar mengemudi kendaraan roda dua dan empat, Davis mengaku menginginkan sesuatu yang lebih menantang.

Karena hal itulah, ayahnya mendorong Davis untuk mengendarai kendaraan berat. Tentu tak mengherankan, terlebih lagi ayahnya merupakan sopir truk tangki BBM selama 42 tahun.

2 dari 4 Halaman

Davis viral karena seorang petugas Departemen Kendaraan Bermotor menghentikannya setelah menerima laporan bahwa ada gadis yang mengendarai truk tangki BBM. Setelah Davis menunjukkan SIM dan dokumen-dokumen lainnya, petugas tersebut kaget.

Petugas tersebut tak menyangka bahwa Davis telah memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan berat. Ia pun mengklaim bahwa Davis merupakan wanita satu-satunya yang memiliki izin tersebut di Kerala.

"Pejabat MVD mengucapkan selamat atas semangat saya dan memberitahu media bahwa 'kisah saya akan menjadi motivasi bagi wanita yang takut mengemudi'. Pejabat itu mengatakan mungkin saya akan menjadi satu-satunya wanita di Kerala yang memiliki izin untuk membawa barang-barang berbahaya. Saya terkejut mengetahui bahwa tidak ada yang memperhatikan saya mengemudikan kapal tanker selama tiga tahun terakhir," kata Davis.

3 dari 4 Halaman

Davis sendiri sudah belajar mengemudi sejak umur 16 tahun. Namun ayahnya belum mengizinkan Davis mengemudi sampai memperoleh SIM di usia 18 tahun dan SIM kendaraan berat, serta dokumen lainnya di usia 20 tahun.

Diketahui, Davis telah menjalani profesi ini selama tiga tahun. Rute perjalanannya dari kilang Irumbanam, Kochi ke stasiun bahan bakar di Tirur, Malappuram. Jarak yang ia tempuh lebih dari 300 km dan Davis melakukannya tiga kali seminggu.

4 dari 4 Halaman

Ketika menjalani profesinya itu, Davis memulai harinya lebih awal untuk menghindari kemacetan. Davis memulai perjalanannya ke kilang minyak pada pukul 4 pagi dan ke Tirur, Malappuram pada 09.30 waktu setempat. Ia baru pulang dan sampai rumah pada pukul 3-4 sore. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya saat petang.

Delisha Davis masih memiliki satu ambisi lagi. Suatu hari ia ingin mengendarai bus Volvo multi-axle dan mendapatkan lisensinya juga.

BERI KOMENTAR