HOME » BERITA » KISAH MISTERI JEMBATAN GONDOLAYU YOGYA, PENAMPAKAN HANTU PENJUAL JAMU

Kisah Misteri Jembatan Gondolayu Yogya, Penampakan Hantu Penjual Jamu

Meski ramai, Jembatan Gondolayu Yogyakarta masih menyimpan misteri, salah satunya kisah penampakan Yu Djiyem.

Kamis, 05 September 2019 15:45 Editor : Cornelius Candra
Kisah Misteri Jembatan Gondolayu Yogya, Penampakan Hantu Penjual Jamu
Jembatan Gondolayu (Google Street View)

OTOSIA.COM - Saat ini, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi. Pada momen-momen liburan, daerah itu selalu ramai wisatawan.

Meski demikian, Yogya masih kental dengan beragam kisah misteri, salah satunya mitos Jembatan Gondolayu. Jembatan ini berada di ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Sekarang Jembatan Gondolayu memang sudah ramai. Tak sedikit masyarakat sekitar, terlebih anak muda yang 'nongkrong' di jembatan yang usianya lebih dari 100 tahun itu.

Salah satu kisah misteri Jembatan Gondolayu yang terkenal ialah legenda seorang perempuan bernama Yu Djiyem. Konon, ia meregang nyawa di bawah jembatan tersebut.

1 dari 1 Halaman

Jadi Lokasi Bunuh Diri

Kisah Misteri Jembatan Gondolayu Yogya, Penampakan Hantu Penjual JamuJadi Lokasi Bunuh Diri

Kisah misteri ini bermula pada tahun 1915. Pada suatu malam, Yu Djiyem dihadang oleh 5 laki-laki di Jembatan Gondolayu. Ia pun diperkosa beramai-ramai di tepi Sungai Code.

Untuk menghilangkan jejak, Yu Djiyem pun dibunuh dan dibuang ke sungai, lengkap dengan dagangannya. Esoknya, jenazah Yu Dijyem ditemukan oleh warga Sayidan dalam kondisi baju terkoyak.

Hingga saat ini, masyarakat sekitar masih percaya dengan keberadaan Yu Djiyem di Jembatan Gondolayu. Bahkan, beberapa orang mengaku melihat penampakan Yu Djiyem.

Tak jarang juga yang mengaku mendengar teriakan minta tolong dari bawah Jembatan Gondolayu. Setelah dilihat, tak ada seorang pun di sumber suara tersebut. Selain itu, Jembatan Gondolayu juga masih kerap menjadi lokasi bunuh diri atau pun pembunuhan.

BERI KOMENTAR