HOME » BERITA » KISAH MISTIS DI BALIK NAMA 'TANJAKAN EMEN'

Kisah Mistis di Balik Nama 'Tanjakan Emen'

Senin, 12 Februari 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : BPBD Jawa Barat

OTOSIA.COM - Pasca terjadinya kecelakaan yang melibatkan bus dan sepeda motor pada Sabtu lalu (10/2/2018), nama Tanjakan Emen kembali menjadi perhatian publik. Pasalnya, tanjakan yang terletak di Ciater, Subang, Jawa Barat ini kerap menjadi tempat kejadian perkara kecelakaan maut.

Jalan menanjak yang curam dan disertai dengan banyak tikungan menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan di daerah tersebut. Namun, tak sedikit pula yang mengaiktkan berbagai kecelakaan maut di Tanjakan Emen dengan cerita mistis yang melegenda.

Kisah ini terjadi pada tahun 1960-an. Kala itu, tanjakan ini tidak memiliki penerangan dan tidak ada orang yang berani melewatinya. Namun, ada seorang supir oplet bernama Emen yang dikenal sebagai supir pemberani.

Menurut cerita yang beredar, Emen mengalami kecelakaan di tanjakan tersebut. Mobil yang ia kendarai mengalami selip dan terguling. Nahas, Emen terbakar hidup-hidup karena tidak bisa keluar dari opletnya. Arwah Emen yang tidak tenang dikabarkan tetap berada di sana dan menghantui tanjakan tersebut.

Versi yang berbeda juga kerap terdengar di Jawa Barat. Nama Emen dan status angker melekat sejak terjadinya peristiwa tabrak lari di daerah itu. Emen adalah nama korban dari peristiwa tersebut.

Bukannya ditolong, Emen yang meninggal justru disembunyikan di rimbun pepohonan. Tak diketahui kapan peristiwa ini terjadi, namun sejak saat itu arwah Emen dipercaya bergentayangan menuntut balas.

Bagi yang percaya mitos ini, banyak kecelaakaan parah yang memakan korban jiwa di tanjakan ini terjadi karena ulah arwah Emen. Konon, Emen merupakan seorang pecandu rokok. Tak jarang bagi pengendara yang hendak melintas melemparkan sebatang rokok dengan harapan tak akan diganggu dan selamat sampai tujuan.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR