HOME » BERITA » KISAH SEDIH PUTRA YANG TAK DIKEHENDAKI OLEH PROTON

Kisah Sedih Putra yang Tak Dikehendaki Oleh Proton

Senin, 02 Oktober 2017 20:30

Kisah Sedih Putra yang Tak Dikehendaki Oleh Proton
Foto: Dylan Smith
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Produsen mobil asal Malaysia, Proton, bisa dibilang contoh pabrikan mobil yang paling sukses yang pernah ada di regional Asia Tenggara, dan sedikit menyakitkan mengalahkan Indonesia.

Meskipun nama Proton jarang bisa sukses di luar Negeri Jiran sendiri, usaha Proton untuk menembus pasar internasional patut dihargai.

Salah satu upaya Proton untuk dikenal di pasar internasional tentu paling mudah melalui ajang balap berskala dunia, dan di pentas tertinggi.

Sesungguhnya Proton memiliki prestasi mentereng di kejuaraan nasional Malaysia, namun rupanya hal tersebut masih belum cukup jika ingin lebih dikenal oleh publik dunia.

Maka dari itu, pada tahun 1997, Proton melihat potensi yang besar di ajang reli dunia WRC, yang mana kebanyakan mobil Proton pada dasarnya adalah Mitsubishi, yang pada era 1990-an menguasai arena WRC.

Menariknya, Proton meminta bantuan dari rumah modifikasi Prodrive, yang menangani rival abadi dari Mitsubishi Lancer Evo, Subaru Impreza.

Tidak main-main, Proton menyerahkan beberapa unit Proton Putra, varian coupe dari Mitsubishi Lancer, kepada Prodrive agar dibuatkan mobil reli yang sanggup mengalahkan merek-merek Jepang seperti Mitsubishi, Subaru, dan Toyota.

Untuk mengalahkan Lancer Evo, Subaru Impreza, dan Toyota Celica, Proton menggunakan kombinasi mesin Mitsubishi 4G64T milik Lancer EVo dengan transmisi sequential 6-percepatan buatan Hewland.

Sedangkan bodinya sudah dirombak total oleh tim Prodrive, sehingga jika dilihat sekilas penampakan Proton Putra WRc malah lebih mirip SUbaru Impreza 22B.

Hasilnya adalah mobil yang memiliki penampilan dan handling seperti Subaru Impreza, namun memiliki jantung dari Mitsubishi Lancer Evolution, seharusnya mobil ini sanggup menaklukkan dunia.

Namun, secara mengejutkan, pihak Proton justru menghentikan proyek mobil balap WRC ini sebelum sempat bertanding. Bahkan, seakan menjadi anak haram yang tidak dikehendaki, baik pabrikan asli Malaysia tersebut maupun pihak Prodrive sama-sama tidak mengakui keberadaan Putra WRC karyanya.

Meski begitu, ada beberapa orang yang mengakui pernah melihat Proton Putra WRC di ruang penyimpanan yang tersembunyi dari publik, dan tetap merahasiakan keberadaan putra yang terbuang tersebut.

 (kpl/fdk)

Proton Iriz
 
20 Foto






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER