HOME » BERITA » KISAH SETYA NOVANTO: SOPIR YANG KINI PUNYA MOBIL JAGUAR

Kisah Setya Novanto: Sopir yang Kini Punya Mobil Jaguar

Kamis, 16 November 2017 16:00 Editor : Arry
Setya Novanto (sp.beritasatu)

OTOSIA.COM - Nama Setya Novanto kembali menjadi bahan perbincangan publik. Ya, untuk kedua kalinya, Ketua DPR itu ditetapkan sebagai tersangka korupsi e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Bahkan, kini Setya Novanto dikabarkan menghilang sebelum penyidik KPK menyambangi rumahnya.

Namun, di luar kasus tersebut, ada kisah menarik dalam sepak terjang Setya Novanto. Siapa sangka, Setnov (biasa dia disapa), dahulu adalah seorang sopir.

Hal tersebut diungkapkan Setnov saat berpidato di hadapan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat pada Maret 2017. Pidato itu pun diunggah dalam akun YouTube bertajuk, "Kisah Hidup Setya Novanto: Dari Sopir Menjadi Ketua DPR,"

"Saya ceritakan pengalaman saya, kehidupan saya waktu mahasiswa seperti adik-adik. Waktu zaman saya, rupanya sangat sulit sekali. Saya pernah menjadi sopir, saya pernah menjadi pembantu rumah tangga, itu tidak lain supaya saya bisa mengumpulkan uang," kata Setya Novanto dalam video berdurasi 3 menit 31 detik itu.

"Jam 4 pagi, saya bangun pagi. Saya harus jual-beli beras. Jadi setelah saya jual-beli beras, hasilnya untuk kuliah. Kalau pagi jam 6 saya mengantar sekolah anak-anaknya, supaya saya nggak bayar kos. Jadi banyak hal yang kita tidak yakin bahwa kita kadang-kadang, 'Wah saya keluarga tak mampu mana bisa.' Lihatlah saya, saya dari sopir, dari pembantu bisa menjadi ketua DPR Republik Indonesia," tutur Setya Novanto.

Namun, Setnov sudah melewati masa-masa tersebut. Dia kini menjadi pimpinan tertinggi lembaga legislatif.

Bahkan, Setnov pun kini sudah memiliki sopir pribadi yang menyetir mobil dinasnya, Lexus LS450.

Tak hanya itu, Setnov pun juga memiliki sopir untuk membawa mobil-mobil pribadinya. Dari catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, terungkap, Setnov memiliki sejumlah mobil seperti BMW 735LI, Mercedes-Benz C280, dan Toyota Camry.

Selain itu, Setnov juga memiliki Toyota Kijang, VW Caravelle, Daihatsu Feroza, dan sebuah Jeep Commander. Dan satu mobilnya yang pernah bikin heboh gedung DPR adalah Jaguar XJL yang sempat dipasang plat RI6. 

 (kpl/ary)

BERI KOMENTAR