HOME » BERITA » KLAIM ASURANSI ITU ENGGAK SUSAH, BEGINI CARANYA

Klaim Asuransi Itu Enggak Susah, Begini Caranya

Cara mengajukan klaim asuransi mobil sebenarnya tak seribet yang dibayangkan. Pemilik asuransi mobil hanya perlu memahami tahapan dan dokumen penunjang untuk mengajukan klaim asuransi mobil.

Rabu, 20 Maret 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Daily Express)

OTOSIA.COM - Tak semua orang memang memiliki asuransi untuk kendaraannya. Tapi yang sudah punya pun kadang masih bingung bagaimana harus mengklaim asuransi jika terjadi kerusakan pada mobilnya.

Sebenarnya itu semua tak sesulit yang dipikirkan. Salah satu contohnya adalah layanan body and paint Auto2000. Workshop Head Auto2000 Surabaya Body and Paint Kenjeran Yusuf Bahtiar menjelaskan, konsumen Toyota yang sudah menggunakan jasa asuransi seperti AstraWorld, BCA Insurance, MSIG, Sinar Mas, dan sebagainya tidak perlu ragu memanfaatkan jasa bengkel Body and Paint Auto2000.

"Pelanggan Toyota bisa memaksimalkan layanan klaim dengan mudah. Bahkan cukup melakukan pembayaran berupa biaya own risk atau risiko pribadi saja, karena utnuk biaya perbaikan sudah ditanggung pihak asuransi," jeals Yusuf, seperti disitat dari laman Auto2000.

Lalu, tahapan proses klaim juga simpel tanpa banyak merekpotkan konsumen. Menurut Yusuf, klaim asuransi pernaikan Body and Paint Auto2000 dimulai dengan melakukan laporan kejadian kecelakaan pada pihak asuransi. Proses ini biasa disebut sebagai pembuatan laporan kerugian.

Setelah melakukan proses tersebut, pihak asuransi akan melakukan survei. Biasanya akan dilakukan pengambilan foto unit yang mengalami kerusakan oleh pihak asuransi.

"Setelah difoto, nanti biasanya akan langsung ditindaklanjuti oleh cabang Auto2000 Body and Paint dengan membuat estimasi kisaran perbaikan kendaraan konsumen yang akan dikerjakan," kata Yusuf.

Usai melewati tahap pertama dan kedua, pelanggan hanya cukup menunggu keluarnya Surat Perintah Kerja atau SPK dari pihak asuransi. Bila surat sudah terbit, otomatis pengerjaan perbaikan bisa langsung dilakukan.

Selama menunggu proses perbaikan mobil, konsumen bisa menyelesaikan biaya own risk yang diwajibkan dengan nilai yang sudah ditentukan pihak asuransi.

Ketika proses perbaikan dikerjakan, konsumen juga tak perlu khawatir karena bengkel Body and Paint punya kualitas yang terukur jelas. Proses perbaikan mobil, baik di sektor bodi atau pengecatan di fasilitas Body and Paint Auto2000 ditangani secara profesional oleh para tenaga ahli.

Selain itu, didukung peralatan yang digunakan juga modern, canggih, plus material cat merupakan hasil seleksi langsung yang dilakukan oleh pihak Toyota. Selain itu, hasil pengerjaan juga diberikan garansi oleh Auto2000 sehingga kepuasan konsumen tetap terjaga.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR