HOME » BERITA » KLONINGAN VW KODOK ASAL CHINA SIAP MASUK INDONESIA

Kloningan VW Kodok Asal China Siap Masuk Indonesia

Setelah ORA Lightning Cat dipatenkan di Indonesia, Great Wall Motor patenkan ORA Punk Cat yang mempunyai bentuk mirip VW Kodok klasik.

Jum'at, 22 Oktober 2021 14:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Kloningan VW Kodok Asal China Siap Masuk Indonesia
ORA Punk Cat dan desain patennya dari DJKI Kemenkumham (insideevs.com, dgip.go.id)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu merek mobil China Great Wall Motor terciduk mematenkan dua produk mereka di Indonesia. Kedua mobil itu adalah mobil SUV Haval H6 Supreme+ Edition dan ORA Lightning Cat.

Mobil yang terakhir masih dalam tahap konsep atau belum resmi diproduksi. Artinya wujud akhir serta spesifikasi mobil itu belum final, sewaktu-waktu bisa berubah.

1 dari 6 Halaman

Namun bukan berarti merek ORA tidak memiliki mobil untuk dijual. Sebab merek mobil itu lagi-lagi diketahui mematenkan salah satu produk mereka, yakni ORA Punk Cat. Berbeda dengan Lightning Cat sebelumnya, mobil ini bakal diproduksi secara resmi.

Wujud ORA Punk Cat pertama kali tercatat pada Berita Resmi Desain Industri DJKI Kemenkumham No. 29/DI/ 2021. Pada permohonan A00202101880 nampak sebuah mobil berdiri tegak lurus yang diduga kuat sebagai ORA Punk Cat.

2 dari 6 Halaman

Menjiplak VW

VW Kodok di acara Kustomfest Yogyakarta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Melansir inputmag.com, Selasa (19/10/2021), tampang ORA Punk Cat sempat membuat heboh para jurnalis dan penggemar otomotif di China. Pasalnya desain mobil tersebut terlihat mirip wujud VW Kodok klasik.

Jika dilihat secara keseluruhan, memang tampang ORA Punk Cat bak kembaran mobil ikonik VW. Beberapa hal yang cukup mencolok adalah fender depan dan belakang bulat, bentuk lampu yang serupa dengan VW Kodok Lawas, serta penggunaan atap melengkung ke bawah.

3 dari 6 Halaman

Namun ada satu bagian yang berbeda pada ORA Punk Cat, yakni adanya empat pintu. Sekadar informasi VW Kodok kuno tidak tersedia dalam pilihan empat pintu. Bahkan versi modern yang diperkenalkan VW tidak punya versi 4 door.

Meski demikian, bentuk unik pada ORA Punk Cat ini tidak lepas dari sorotan VW sendiri. Setelah peluncuran mobil itu di Shanghai Auto Show 2021 di bulan April lalu, dikabarkan bahwa pihak Volkswagen AG akan terus menganalisa dan menindaklanjuti apabila ORA ditemukan melanggar hak paten.

"Kami memeriksa perkara ini dengan memperhatikan apabila terjadi pelanggaran hak cipta dari Volkswagen AG dan menindaklanjuti ke ranah hukum jika diperlukan," ungkap perwakilan Volkswagen AG kepada situs carscoops.com, Kamis (22/4/2021) silam.

4 dari 6 Halaman

Interior unik

Interior ORA Punk Cat (insideevs.com)

Sama seperti eksteriornya, ORA Punk Cat diberikan interior bernuansa retro futuristis, seperti VW Kodok ddiberi sentuhan modern. Tampang old school dipertahankan melalui aksen garis besi di sekitar lingkar kemudi, lubang AC dan housing speedometer berbentuk bulat, membuat ORA Punk Cat mirip mobil-mobil era 1950an.

Namun, lantaran Punk Cat adalah mobil listrik, sentuhan-sentuhan klasik tersebut dibuat modern dengan speedometer digital, tombol-tombol di setir, dan adanya layar besar multi fungsi di bagian tengah.

Sayangnya informasi mengenai fitur kenyamanan maupun keselamatan belum diungkapkan oleh Great Wall Motor (GWM). Namun, jika benar mobil ini berbasis dari ORA Good Cat, bisa jadi Punk Cat sudah memiliki berbagai fitur canggih seperti Adaptive Cruise ControlBlind Spot Warning System, 6 airbags, dan Lane Keeping Assist.

5 dari 6 Halaman

Performa dan harga

Paten ORA Punk Cat (dgip.go.id)

Sama seperti fitur kenyamanan dan keselamatan di atas, GWM tidak menjelaskan lebih detail mengenai spesifikasi dan harga Punk Cat. Mereka hanya menyatakan bahwa Punk Cat sudah bisa dibeli pada akhir tahun nanti.

Sementara ORA Good Cat mengusung 1 motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 145 PS dengan torsi puncak 210 Nm. Seluruh daya pacu disalurkan ke roda depan dengan kecepatan maksimum mencapai 150 km/jam.

6 dari 6 Halaman

ORA Good Cat ditawarkan dengan dua pilihan baterai. Pertama adalah 47.8 kWh dengan jarak tempuh 401 km. Lalu kedua baterai berukuran 59.1 kWh di mana hatchback ini bisa berjalan sejauh 501 km dalam sekali pengecasan.

Untuk harga, diperkirakan Punk Cat akan dibanderol mulai dari 103.900 Yuan atau Rp 228 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.196). Sedangkan tipe termahal menyentuh angka 143.900 Yuan atau Rp 316 juta.

Meski spesifikasi di atas belum resmi untuk ORA Punk Cat, setidaknya informasi tersebut menjadi patokan untuk spesifikasi resminya nanti.

BERI KOMENTAR