HOME » BERITA » KLUB FORD ECOSPORT BANTU PESANTREN YANG TERKATUNG-KATUNG

Klub Ford Ecosport Bantu Pesantren yang Terkatung-Katung

Jum'at, 01 Juli 2016 17:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Komunitas pencinta mobil Ford Ecosport atau Forescom (Ford Ecosport Community) kembali mengadakan kegiatan Baksos.

Sesuai dengan waktu pelaksanaannya yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, kegiatan baksos kali ini dinamakan Baksos Ramadhan 1437 H.

Baksos Ramadhan Forescom diadakan di Pesantren Lembur Cahaya yang berada di Gunung Patani, Tasikmalaya. Pesantren Lembur Cahaya yang dipimpin oleh Ustadz Deny Purwanto saat ini memberikan pendidikan kepada 60 orang santriwan dan santriwati.

Menurut Ustadz Deny, sebagian besar santri berasal dari daerah lingkungan sekitar. Namun, ada juga yang berasal dari Pangandaran dan Bandung.

Pesantren ini sebenarnya berasal dari pengajian anak-anak di lingkungan sekitar pesantren.

Awalnya, pengajian dilakukan di garasi rumah milik salah satu warga yang meminjamkan tempat. Namun karena rumah tersebut akan dijual, akhirnya pesantren pindah ke rumah kosong dengan status kontrak.

Ketidakpastian lokasi karena keterbatasan dana untuk membeli rumah menyebabkan pesantren membutuhkan biaya kontrakan rumah.

Selama ini, menurut Ustadz Deny, pesantren beroperasi dengan dana yang berasal dari iuran santri yang sifatnya sukarela dan semampunya serta beberapa donatur lainnya.

Informasi mengenai Pesantren Lembur Cahaya ini juga berasal dari salah satu member, Ibu Lena Indrawaty, yang sudah kenal lebih dahulu dengan Ustadz Deny.

Ketua Umum Forescom, Dudi Darmadi, kemudian langsung memberikan persetujuan untuk memberikan bantuan setelah mendengar berita ini.

Dengan dikoordinasi oleh Divisi Baksos Forescom, maka dana bantuan untuk pesantren Lembur Cahaya sudah mulai dikumpulkan sejak awal puasa.

Pengumpulan dana hanya dilakukan melalui broadcast e-mail ke semua member.

Berdasarkan sumbangan sukarela yang dikumpulkan dari para member ditambah dana kas Forescom sebanyak Rp 10 juta, maka terkumpul dana sebanyak Rp 19.320.000 serta peralatan sound system 12 inci.

Selain sumbangan dana, terdapat juga beberapa member yang menyumbang Al Quran dan karpet.

"Semua sumbangan kami terima bentuknya, yang penting adalah niatnya untuk membantu sesama," ucap Devayana selaku Ketua Divisi Baksos Forescom.

Donasi diserahkan Forescom yang diwakili oleh Dudi Darmadi (Ketua Umum Forescom), Dany Koesoema (Humas Forescom) dan Devayana (Kadiv Baksos Forescom) langsung kepada Ustadz Deny pada Sabtu, 25 Juni 2016 di Pesantren Lembur Cahaya di Tasikmalaya.

Beberapa member juga mengikuti pemberian baksos di Tasikmalaya ini antara lain member yang berasal dari Tangerang, Bogor, dan Bekasi.

"Kami senang dengan adanya baksos di luar Jakarta ini. Selain beramal, kami juga bisa sekalian touring," ucap Lingga selaku Ketua Chapter Bogor yang juga ikut ke Tasikmalaya, sebagai perwakilan dari Chapter Bogor.

Forescom sendiri didirkan sejak September 2014 dan saat ini sudah beranggotakan 530 orang, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baksos Ramadhan ini merupakan yang ke-3 pada tahun 2016. Baksos Forescom antara lain pernah diadakan di Ujung Kulon, Semarang, dan terakhir di Tasikmalaya.

Semua kegiatan Baksos berasal dari sumbangan sukarela para member, kas Forescom, dan sponsor.

"Kami ingin dalam setiap kegiatan Forescom selain memberikan manfaat ke member juga bisa memberikan manfaat ke masyarakat," ucap Dany Koesoema, Humas Forescom, menutup pembicaraannya.

(kpl/why/fdk)

BERI KOMENTAR