HOME » BERITA » KNALPOT BISING TERNYATA BISA SELAMATKAN NYAWA!

Knalpot Bising Ternyata Bisa Selamatkan Nyawa!

Senin, 11 September 2017 08:15

Knalpot Bising Ternyata Bisa Selamatkan Nyawa!
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Kecelakaan dalam berlalu lintas memang sering terjadi, terutama untuk pengguna kendaraan roda dua. Hal ini karena memang secara populasi sepeda motor jauh lebih banyak dan juga karena banyak sebab yang lainnya.

Ketika dilihat lebih mendetail, banyak hal yang menjadi penyebab kecelakaan yang bisa berakibat pada luka parah bahkan kematian.

Salah satu cara meminimalisir terjadinya kecelakaan tersebut, setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan klakson atau bel. Fitur ini untuk menimbulkan suara yang 'keras' agar pengendara di depannya mengetahui kalau kita butuh dibukakan jalan dan terhindar dari tabrakan.

Masih berhubungan dengan suara, ada yang berpendapat, untuk sepeda motor yang memiliki 'raungan' knalpot keras justru bisa menyelamatkan nyawa pengendara dan pengguna jalan yang lainnya.

Alasannya, karena pengendara di depannya sudah mengetahui dari kerasnya suara yang dikeluarkan knalpot, meski memiliki jarak yang cukup jauh. Dengan mendengar suara tersebut, sehingga mereka yang berkendara di depan sudah mengetahui kalau ada pengendara di belakangnya. Keuntungannya, jika tidak ingin melaju lebih cepat bisa menghindar memberi jalan.

Selain itu, ketika di jalanan yang sepi lalu lintas kemudian ada orang yang ingin menyebrang, dari jarak yang lebih jauh ia akan mengetahui kalau kita sedang melintas. Melalui hal tersebut kecelakaan pun akan terhindarkan dan nyawa sesama pengendara terselamatkan.

Kemudian untuk 'raungan' sepeda motor yang memiliki suara yang khas juga akan mengundang banyak perhatian pengguna jalan yang lainnya terutama para pesepeda dan pejalan kaki. Dengan perhatian tersebut pastinya mereka akan menghindar ketika mengetahui kita sendang melaju untuk menghindari tabrakan.

Namun perlu diketahui, untuk konteks di Indonesia, meski sejumlah argumentasi diutarakan jika knalpot sepeda motor yang memiliki suara keras bisa menyelamatkan nyawa, bagaimana pun juga kendaraan bising juga akan tetap kena tilang. Hal ini karena kebisingan yang berlebih atau terlalu keras yang dikeluarkan knalpot bisa mengganggu lingkungan.

Hal tersebut karena sudah ada undang-undang yang mengatur terkait kebisingan kendaraan bermotor. Landasannya yakni UU Nomor 22 Tahun 2009, Pasal 48 terkait 'Persyaratan Teknis dan Laik Jalan Kendaraan Bermotor'. Secara khusus dituangkan dalam ayat 3 'Persyaratan laik jalan ditentukan oleh kinerja minimal kendaraan diukur sekurang-kurangnya terdiri atas emisi gas buang, kebisingan suara dan seterusnya'.

Terkait kebisingan tersebut, standar tingkat kebisingan knalpot kendaraan roda dua sudah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Bunyi aturannya, setiap kendaraan bermotor tipe L (roda dua) yang ber CC kurang dari 175 cc standar kebisingannya 80 desibel. Sedangkan bagi motor yang ber cc lebih dari 175 cc standar kebisingannya 83 desibel (DB).

Terlepas dari pro dan kontra mengenai suara knalpot yang keras, silakan tuliskan pendapat Otolovers di kolom komentar.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER